Bebaskan Candipuro dari Rabies, 133 HPR Divaksin

101
Shofyan Apriyansyah – Camat Candipuro Wasidi bersama Ka. UPT Puskeswan Babay Sobari saat pemberian vaksin Rabies kepada HPR milik warga di Desa Trimomukti kecamatan setempat, Jumat (13/9).

CANDIPURO –Pemerintah Kecamatan Candipuro bersama Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melakukan vaksinasi rabies massal secara gratis kepada 133 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro, Jumat (13/9).

Camat Candipuro Wasidi mengatakan, pemberian VAR kepada HPR merupakan upaya pemerintah guna mencegah penularan penyakita mematikan Rabies ditengah masyarakat yang di akibatkan pajanan HPR kepada manusia.

Lanjutnya, pemberian VAR yang tepat utamanya di Desa yang tingkat populasi HPR tertinggi. Tujuannya supaya percepatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus rabies lebih evektif dan efisien.

 “ Setelah dilakukan observasi di desa desa, Desa Trimomukti menjadi tujuan pertama dalam kegiatan  pemberian VAR gratis ini,” jelasnya.

BACA :  Diskes Lampung Monitoring Stunting di Candipuro

Kemudian Camat Candipuro itu juga menerangkan, kegiatan pemberian VAR terhadap HPR akan dilakukan berkala. Dimana Pemerintah Kecamatan bersama Puskeswan setempat menargetkan di akhir bulan ini pemberian VAR secara gratis itu akan selesai.

 “ Jika tidak terkendala, diakhir bulan ini HPR di seluruh desa dipastikan sudah tercover VAR,” terangnya.

Sementara, Kepala UPT Puskeswan Candipuro Babay Sobari mengatakan, pada kegiatan pemberian VAR gratis di Desa Trimomukti, didapat enam ekor kucing, tiga ekor monyet dan 124 ekor anjing sudah mendapat VAR, “ Rencananya kegiatan akan berlanjut kedesa lainya. Kemudian hewan peliharaannya belum mendapat VAR. Jika masih ada yang terlewat kami akan dor to dor ke masyarakat. Guna memastikan Kecamatan candipuro bebas dari virus rabies,” katanya.

BACA :  9.800 Petani di Kecamatan Candipuro Didata

Sementara warga desa Trimomukti Gusti Komang menyambut hangat kegiatan pemberian VAR gratis oleh Puskeswan kepada hewan peliharan mereka. “ Dengan adanya kegiatan ini, saya dan warga sekitar merasa terlindungi dan tidak khawatir lagi tertular virus rabies saat bermain denga hewan peliharaan,” pungkasnya. (CW2)