BEKERJA Dorong Semangat RTM untuk Beternak

1128

KALIANDA – Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) yang digalakkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Kabupaten Lampung Selatan nampaknya berhasil mendorong semangat masyarakat miskin untuk beternak.

Sejak digelontorkannya bantuan bibit ayam dan itik oleh kementerian pertanian beberapa bulan lalu, geliat beternak yang dilakukan masyarakat tergolong rumah tangga miskin (RTM) di Lampung Selatan terlihat sudah jauh lebih meningkat dari sebelumnya.

Ketua Program Bekerja Kementan RI Nasrullah mengaku bangga dan senang setelah dirinya melihat secara langsung hasil peternakan ayam dan itik milik masyarakat peternak disejumlah wilayah Lampung Selatan yang saat ini sudah jauh lebih berkembang dari sebelumnya.

“Ini membuktikan bahwa program Bekerja yang digalakkan oleh pemerintah benar-benar berhasil. Mudah-mudahan keberhasilan ini mampu mendongkrak perekonomian serta meningkatkan gizi bagi keluarga peternak di Lampung Selatan,” demikian yang dikatakan Nasrulloh melalui pesan tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) drh. Arsyad Husein kepada Radar Lamsel, Minggu (16/9) kemarin.

BACA :  Kuota Gratis Mulai Digulirkan

Masih menurut Nasrulloh, keberhasilan yang telah dicapai para peternak di Lamsel sekarang ini dampaknya sudah sangat dirasakan. Para peternak, kata Nasrulloh, sudah mampu mencukupi kebutuhan untuk biaya sekolah anak-anak mereka. “Para peternak mengaku bahwa bantuan bibit ayam yang diberikan pemerintah telah mengubah kehidupan meraka yang sebelumnya selalu merasa kesulitan ekonomi. Program Bekerja ini bagi mereka (peternak, red) adalah sebuah harapan baru keluarga sebagai sumber penghasilan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DPKH Lamsel Arsyad Husein mengungkapkan, dengan tingginya semangat beternak yang dimiliki masyarakat golongan RTM yang mendapatkan bantun bibit ayam dan itik dari pemerintah pihaknya mengaku optimis bahwa program pengetasan kemiskinan berbasis pertanian dikabupaten Lamsel akan menjadi solusi permanen bagi RTM untuk bisa keluar dari garis kemiskinan.

BACA :  KPK Tahan Hermansyah Hamidi

“Masyarakat yang tergolong dalam rumah tangga miskin secara langsung akan memperoleh perekonomian yang baik, dan juga bisa memperbaiki gizi bagi anggota keluarganya, sesuai dengan yang diharapkan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman,” ujarnya.

“Sebab, program bekerja ini adalah bagian dari terobosan program untuk percepatan pengurangan angka kemiskinan, khususnya diwilayah pedesaan yang didominasi oleh masyarakat atau rumah tangga yang bergerak di sektor pertanian,” pungkasnya. (iwn)