Bekerja Sesuai Disiplin Ilmu

1056

BANYAK kalangan profesional menjalankan pekerjaan yang tak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Tetapi Ulfa Tunnisa meyakini pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu akan mendorong seseorang bertindak lebih profesional dalam pekerjaan.

Meski begitu dia mengakui bahwa pekerjaan seseorang memang tidak bisa diukur dari jurusan apa yang dia geluti saat kuliah. “Tapi aku berpandangan kalau sesuai dengan ilmunya, maka pekerjaan akan jauh lebih profesional,” ungkap Ulfa kepada Radar Lamsel saat ditemui di Pasar Inpres Kalianda, Rabu (7/6), kemarin.

Selain dapat bertindak profesional dalam bekerja, pekerjaan yang sesuai disiplin ilmu juga akan mendorong seseorang enjoy menjalaninya. “Pekerjaan itu harus disukai dan dicintai. Kalau tidak, nggak enjoy kerjanya,” kata warga Desa Tengkujuh, Kecamatan Kalianda ini.

Mahasiswa di STAIS Yasba ini berharap bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu yang dia pelajari yaitu Perbankan Syariah.

“Kalau hanya sekedar mendapatkan pekerjaan yang asal-asalan untuk apa harus kuliah. Kan sayang ilmu yang sudah kita raih tapi tidak dimanfaatkan,” ujar gadis kelahiran Kota Kalianda, 24 Agustus 1996 ini.

Bagi dirinya, latar belakang pendidikan yang dimiliki, seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terlebih untuk berkuliah sampai sarjana tidak sedikit peranan orang tua yang menguliahkan anaknya.

“Saya mau bekerja pada perusahaan yang sesuai dengan ilmu yang saya miliki. Supaya ilmu yang saya dapat memudahkan pekerjaan. Bukan justru menyulitkan,” pungkasnya. (iwn)