Belajar Anak Prasiaga Dikuatkan

49
Belajar Anak Prasiaga Dikuatkan

KATIBUNG – Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto lakukan Roadshow Penguatan Belajar Dari Rumah, Senin (21/9/2020).

Sosialisasi Penguatan Belajar Dari Rumah dengan Tema “Implementasi Pendidikan Karakter Prasiaga, serta upaya meningkatkan daya tahan tubuh anak usia dini melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)” digelar di Objek Wisata Pemancingan Sebalang Smart.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Thomas Amirico, Camat Katibung Hendra Jaya, Ketua GOPTKI Lampung Selatan Yani Thamrin, Ketua Himpaudi Kabupaten Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi, Bunda PAUD Kecamatan Katibung, Bunda PAUD Kecamatan Sidomulyo, para Bunda PAUD Desa Kecamatan Katibung dan Sidomulyo dan para Tenaga Pendidik PAUD Kecamatan Katibung dan Kecamatan Sidomulyo.

Dalam Sosialisasi Penguatan Belajar Dari Rumah tersebut, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, “ditengah Pandemi COVID 19 saat ini, kegiatan Belajar Dari Rumah merupakan pilihan yang baik, selain mencegah penyebaran Virus juga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh anak. Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan air mengalir menjadi pokok utama dalam menjaga anak-anak maupun orang dewasa dalam mencegah Penyebaran Covid 19”, katanya.

BACA :  Aktifitas Pengerukan PT. TS Dicurigai Tak Berizin

“Sistem Imun atau kekebalan tubuh menjadi peran penting bagi anak. Sistem ini memberikan pertahanan tubuh yang paling optimal dalam melawan virus, bakteri, parasit, maupun jamur penyebab penyakit. Untuk itu penting menjaga dan meningkatkan Imunitas anak usia dini agar kesehatan dan pertumbuhannya tetap terjaga. Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup menjadi kebutuhan pokok bagi pengembangan tubuh dan kecerdasan anak dalam berpikir”, ujar Winarni.

“Usia dini utamanya di Taman Kanak-kanak merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran, dan pengembangannya tidak hanya dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental, sosial dan emosional”, jelas Winarni.

“Penerapan pendidikan karakter melalui program penguatan belajar dari rumah pada anak usia dini dapat dituangkan dalam program harian, yakni melalui kepribadian anak, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab, sehingga anak siap mengikuti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada masa Pandemi Covid-19 saat ini”, papar Winarni.

BACA :  Aktifitas Pengerukan PT. TS Dicurigai Tak Berizin

“Pendididikan pra sekolah merupakan pendidikan bagi anak usia dini yang berada pada jalur informal yang tentunya harus mampu mempertahankan citra dan kualitas pembelajaran, sehingga orang tua mengakui mutu dan proses belajar mengajar yang dilaksanakan dari rumah dan para tenaga pendidik anak usia dini dapat mempersiapkan anak didik yang berkarakter”, lanjut Winarni.

“Melalui momentum sosialisasi Penguatan Belajar Dari Rumah (BDR) pada anak usia dini, kita sebagai orang tua diharapkan dapat membantu anak dalam memahami mata pelajaran yang akan dipelajari oleh anak. Apalagi ditengah pandemi covid 19 ini, seluruh sekolah, baik pada tingkat PAUD hingga perguruan tinggi semua melaksanakan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)”, cetus Winarni.

Pada hari yang sama Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto juga membuka Sosialisasikan Penguatan Belajar Dari Rumah (BDR) di Kecamatan Rajabasa, adapun Sosialisasi yang dilaksanakan di Obyek Wisata Munca Desa Canti tersebut untuk Wilayah Kecamatan Kalianda dan Rajabasa. (rls)