Belajar Cintai Alam dengan Berkebun

371
David Zulkarnain – Beberapa murid Paud Al Ikhlas sedang memanen jagung di kebun organik yang berada dihalam sekolah mereka, Sabtu (2/3).

PALAS – Mengenalkan cara becocok tanam sejak dini kepada anak memang sangat penting. Selain mengajarkan anak untuk mecintai alam, berkebun juga baik untuk perkembangan fisik maupun mental anak.

          Itulah yang diterapkan di Paud Al Iklas, Desa Mekarmulya, Kecamatan Palas. Berkebun sudah menjadi bagian dari aktivitas pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini itu.

          Pekarangan sekolah seluas empat meter persegi disulap menjadi sebuah kebun kecil. Sebagai wadah anak-anak untuk bercocok tanam dan mengenal jenis tanaman.

          Bunda Paud Al Iklas Yeyen mengatakan, mengenalkan cara bercocok tanam kepada murid sudah diterapkan sejak 2010 silam. Selain bertujan untuk mengajarkan mencintai alam, aktivitas belajar diluar ruangan ini juga dinilai baik untuk mendukung perkembangan fisik dan mental anak.

BACA :  Warga Curiga BPN Culas

          “Bercocok tanam yang sudah diterapkan sejak sembilan tahun yang lalu untuk mengajarkana kepada anak mencintai alam dan mengenal jenis tanaman sejak dini,” kata Yeyen kepada Radar Lamsel, Sabtu (2/3) kemarin.

          Yeyen mengatakan, saat ini Paud AL Iklas memiliki kebun seluas empat meter persegi sebagai lahan belajar anak-anak bercocok tanam. Berbagai jenis sayuran telah ditanam di kebun kecil tersebut, mulai dari jagung, kacang hijau hingga bawang daun.

BACA :  Kecamatan Evaluasi Laporan DD dan ADD 

          “Berkebun menjadi aktifvitas keseharian anak-anak. Hasilnya diolah bersama sebagai pemberian makanan tambahan (PMT) anak-anak,” terangnya.

          Selain berkebun organik, Yeyen mengungkapkan murid Paud Al Iklas juga belajar berternak ikan. Dengan adanya penerapan berkebun dan berternakn tersebut diharapkan mampu menanamkan rasa empati anak-anak untuk mencintai alam.

          “Harapan kami kegiatan berkebun ini akan membangun rasa empati anak-anak untuk menghargai alam dan ciptaan tuhan,” harapnya. (vid)