Berharap Gorong-Gorong Jebol Direspon

74

PALAS – Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Bumidaya, Kecamatan Palas mengharapkan kerusakan gorong-gorong yang terjadi di jalan lingkungan setempat segera mendapat perbaikan.
Agus (46) salah satu warga setempat mengatakan, kerusakan gorong-gorong tersebut memang sudah terjadi sejak awal tahun 2020 lalu. Kerusakan semakin parah akibat guyuran hujan yang terjadi pada Jumat (12/6) lalu.
“Januari lalu memang sudah jebol, tapi tidak terlalu lebar sekitar 50 senti meter. Namun akibat hujan yang terjadi pada Jumat lalu gorong-gorong jebol sudah lebih separuh badan jalan,” ungkapnya.
Agus mengungkapkan, akibat kerusakan jalan tersebut sehingga saat ini jalan tersebut ditutup. Padahal kata dia jalan tersebut memiliki fungsi pital yang menghubungkan Desa Bumidaya dan Desa Bandar Agung.
“Selama tiga hari jalan ditutup, harapan kami jalan ini segara mendapat perbaikan. Karena jalan ini memiliki fungsi penting untuk lalulintas kendaraan masyarakat,” terangnya.
Kepala Desa Bumidaya Dudi Hermana menerangkan, terkait kerusakan gorong-gorong tersebut pihaknya juga sudah mengajukan perbaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) Lampung Selatan.
Ia berharap perbaikan kerusakan badan jalan tersebut bisa segera direalisasikan sesuai dengan keinginan masyarakat.
“Pada januari lalu juga sudah kami ajukan perbaikan. Sekarang juga kembali kami ajukan. Dengan harapan jalan ini segera diperbaiki, keran sebagai jalan perekonomian masyarakat Desa Bumidaya,” harapnya.
Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Penguji Konstruksi dan Bangunan Kecamatan Palas Slamet mengungkapkan, kerusakan gorong-gorong di Bumidaya tersebut sudah mendapat pemantauan dari Dinas PUPR.
Selain Bumidaya, guyuran hujan yang terjadi pada Jumat pekan lalu itu juga menyebabkan jembatan penghubung Desa Tanjung Jaya dan Desa Sidorejo Kecamatan Waypanji juga terpustus. Perbaikan, ucap Slamet akan menggunakan dana tanggapa darurat.
“Jembatan di DesaTanjung Jaya, tepatnya Dusun Temurejo juga terputus. Kerusakan ini juga sudah dipantau langsung oleh Dinas PU, dan akan segera diperbaiki tahun ini menggunakan dana tanggap darurat,” pungkasnya. (vid)

BACA :  Sambut Bulan Maharam dengan Beragam Perlombaan