Berharap Tuah Bantuan Pusat

41
Ist.Radarlamsel – Foto bersama Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan, Taman bersama petani Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi dalam kegitaan persiapan musim tanam rendeng, Minggu (5/1).

SRAGI – Kucuran bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat diharapkan bisa mendukung percepatan taman padi di wilayah Kecamatan Sragi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Taman, Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan pada saat menghadiri kegiatan persiapan tanam padi musim rendeng di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Minggu (5/1).

Dalam kegiatan tersebut, Taman mengimbau bantuan alsintan dari pemerintah pusat tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh petani untuk mendorong percepatan musim tanam rendeng di wilayah Kecamatan Sragi, khususnya di Desa Kuala Sekampung.

“Dengan adanya bantuan alsintan berupa traktor ini harus bisa dimanfaatkan petani untuk mendorong percepatan tanam pada musim rendeng tahun ini,” ujar Taman kepada Radar Lamsel di sela kegiatan tersebut.

BACA :  Harapkan Ada Satgas tiap Desa

Politikus partai PDI Perjuangan itu mengatakan, kegiatan persiapan musim tanam yang dilaksakan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  Karya Makmur, Desa Kuala Sekampung ini semestinya bisa dilakukan disetiap desa di wilayah Kecamatan Sragi.

Sehingga bisa mendorong petani untuk segera bergerak melakukan persiapan pengolahan lahan. Dampak lainnya, lanjut Taman, kegiatan percepatan tanam ini bisa menyingkat masa pacekelik sehabis musi kemarau beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini memang harus dilakukan oleh Gapoktan di setiap desa sehingga petani bisa tergerak untuk segera melakukan penanaman. Apalagi ketersediaan air saat ini sudah mencukupi,” ucapnya.

BACA :  Sragi Perketat Pendataan Warga Dari Luar Daerah

Sementara itu Ketua Gapoktan Karya Makmur, Desa Kuala Sekampung Wanto mengatakan, kegiatan persiapan tanam padi musim rendeng untuk mendorong petani ini memang dilakukan setiap tahun.

Saat ini, dari 19 kelompok tani yang ada di Desa Kuala Sekampung sudah memiliki satu hingga dua unit traktor. Dari sekitar 600 hektar lahan persawahan di Desa Kuala Sekampung, ditargerkan akan memasuki masa tanam pada awal Februari mendatang.

“Petani memang harus didorong terus. Penggarapan lahan akan dimulai dari wilayah timur, perbatasan Desa Bandaragung – Wilayah Barat, Desa Baktirasa yang ditargetkan akan melakukan penanaman pada awal Februari mendatang,” paparnya. (vid)