Berkas Sudah di BPKAD, DD Tahap II Segera Cair

973
Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan

KALIANDA – Anggaran dana desa (DD) tahap II Tahun 2016 atau sebesar 40 persen dipastikan bakal segera masuk ke rekening desa. Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan berharap sisa DD pada tahun ini bisa digunakan tepat sasaran.

Itu ditegaskannya saat memberikan pembinaan kepada seluruh kepala desa (kades) yang digelar di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Rabu (12/10) kemarin.

Adik kandung Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan ini menilai, masih terdapat berbagai kekeliruan dalam melaksanakan kegiatan melalui DD tahap I 2016. Seperti, halnya dipergunakan untuk pengadaan organ tunggal dan lain sebagainya.

BACA :  Teruntuk Kepsek, Thomas: Disiplin Harga Mati

“Saya tekankan kepada para kades, pencairan DD tahap II ini harus bisa menutupi kesalahan. Dengan menggunakannya sesuai ketentuan yang berlaku. Kami tidak menyalahkan yang sudah terlanjur. Mungkin saja mereka belum paham betul. Yang tahap II ini mudah-mudahan bisa menutupi kesalahan,”tegas Zainudin.

Dia menambahkan, alokasi DD tahun 2017 mendatang diharapkan tidak terdapat kekeliruan dalam menggunakannya. Maka, pihaknya akan terus mengingatkan para kades agar bisa mengajukan proposal kegiatan sesuai dengan peruntukan DD.

“Tahun depan tidak boleh ada yang salah. DD itu peruntukannya 60 persen infrastruktur, 10 persen BUMDes dan sisanya bisa untuk pemberdayaan masyarakat. Seperti kebutuhan PKK, pertanian atau yang lainnya. Supaya masyarakat semua bisa merasakan,”tutupnya.

BACA :  Hanura Condong ke Nanang – Pandu

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Drs. H. Edy Firnandi, M.Si menjelaskan, berkas pencairan DD sudah diserahkan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah (BPKAD). Dia memastikan, selambat-lambatnya Senin (17/10) sudah masuk ke rekening desa.

“Ini sedang diproses. Yang pasti, berkas sudah naik ke keuangan. Mudah-mudahan besok bisa diurus berkasnya dan hari selanjutnya mulai ke Bank. Selambat-lambatnya pekan depan sudah bisa di cek ke rekening desa,”terang Edy. (idh)

BAGIKAN