Bersama Danrem, Dendi Mulai Pembangunan Embung

802
ILUSTRASI

NEGERIKATON– Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona. K,ST., didampingi Komandan Resort Militer (Danrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Kav. Supriyatna, S.I.P. MM, dan jajaran serta anggota DPRD Pesawaran, melakukan peletakan batu pertama pembangunan embung dan pompanisasi di Desa Pujo Rahayu, Kecamatan Negerikaton.
“Untuk itu saya meminta kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Negerikaton ini untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan embung dan pompanisasi yang ada di Pujo Rahayu ini,”ungkap Dendi Ramadhona saat menyampaikan sambutan, Sabtu (24/09).
Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pesawaran, M. Syafri didampingi Kepala Bidang Sumber Daya, Bambang Sugiarto mengatakan, pembangunan embung dan pompanisasi serta pipanisasi tersebut di proyeksikan mampu mengairi kurang lebih 2006 hektar sawah di 6 desa pada kecamatan setempat.
“Ya, pompanisasi dan pipanisasi tersebut mampu mengairi sekitar 2006 hektar di 6 desa diantaranya Desa Pujorahayu, Karang Rejo, Tanjung Rejo, Negerikaton, dan Rowo Rejo,”terangnya.
Dikatakan, sumber air yang akan dipompanisasi tersebut bersumber dari sungai Way Sekampung. Dimana, air yang dipompa tersebut nantinya akan ditampung pada sebuah embung dengan luas kurang lebih satu hektar. Selanjutnya, air yang ditampung di embung tersebut nantinya akan dialirkan melalui pipanisasi.
“Ya, pompanisasi ini bantuan dari Kementerian Pertanian, kita hanya penerima manfaat. Dan yang mengerjakan TNI dan kelompok tani,”ucapnya.
Diperkirakan, lanjut mantan KUPTD Pertanian dan Peternakan Way Lima ini, pompanisasi yang sumber dana dibiaya dari APBN mencapai sekitar Rp 1,4 miliar ini rampung dalam waktu dekat dan segera dioperasionalkan.
“Unit pompanisasi jadi satu kesatuan, yakni embung, pipanisasi, dan genset. Nah, pompanisasi ini bertujuan membantu pengairan sawah para petani di Negerikaton yang sebagai besar merupakan sawah tadah hujan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian. Dan diharapkan dalam satu atau dua bulan ini pembangunannya segera rampung dan dapat dioperasionalkan,”ujarnya.
Diketahui, selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan pompanisasi dan pipanisasi, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyerahkan bantuan alat mesin pertanian di Desa Pujorahayu. Selanjutnya, melakukan peninjauan embung dan jembatan Way Sekampung. (esn)