“Bersama Membangun Desa”

1081
Foto 1 – Kepala Desa Lebungnala Ajun Wiyono bersama istri Siti Nurbeti

KETAPANG – Semua pemimpin pasti memiliki visi dan misi untuk mencapai suatu tujuan. Begitu juga dengan Kepala Desa Lebungnala, Kecamatan Ketapang Ajun Wiyono. Pria kelahiran Jember, 12 Juni 1968 ini memiliki visi-misi “Kebersamaan Membangun Desa”.

Suami dari Siti Nurbeti ini mempunyai komitmen untuk mewujudkan Desa Lebungnala yang maju dan sejahtera. Komitmen yang dituangkan dalam visi-misi “Kebersamaan Membangun Desa” ini sejalan dengan program pemerintah yakni mewujudkan pemerataan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Visi-misi yang diusung Ajun Wiyono saat pencalonannya menjadi Kepala Desa Lebungnala periode keduanya beberapa tahun lalu juga sejalan dengan visi-misi Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum dan wakilnya Nanang Ermanto yakni “Ayo Bangun Desa”.

Komitmen bersama membangun desa itu berlahan mulai terwujud sejak pemerintah pusat menggelontorkan program Dana Desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) dari Pemeirntah Kabupaten Lampung Selatan.

BACA :  Sukanegara Bidik Juara Lomba Desa

Pembangunan di desa dilaksanakan secara bertahap sejak program dana desa diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Tahun 2016 ini, Desa Lebungnala yang memiliki tiga dusun dan 9 RT itu mendapatkan kucuran dana dari pemerintah sebesar Rp800 juta lebih yang bersumber dari DD dan ADD.

Dana yang cukup besar itu benar-benar dimanfaatkan Kepala Desa Lebungnala Ajun Wiyono bersama aparatur desa setempat untuk mewujudkan komitmennya membangun Desa Lebungnala yang maju dan sejahtera.

Menurut Ajun Wiyono, sejalan dengan program pemerintah pusat dan kabupaten, kucuran DD dan ADD digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa dan fasilitas umum di desa untuk mewujudkan masyarakat maju dan sejahtera.

BACA :  Desa Sidomukti Totalitas di Lomba Desa

“Tahun ini desa kami mendapatkan kucuran dana sebesar Rp800 juta lebih yang bersumber dari DD dan ADD. Dana itu kami manfaatkan untuk membangun jalan dan  membangun fasilitas umum. Kami juga memanfaatkannya untuk pemberdayaan dan memberikan pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek) kepada jajaran aparatur desa,” tutur Ajun Wiyono.

Sejalan dengan tujuan pemerintah yakni mewujudkan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, laki-laki berusia 48 tahun ini ingin mewujudkan harapannya dan masyarakat setempat yakni membangun Desa Lebungnala yang lebih baik lagi. “Saya akan manfaatkan dan melaksanakan program ini sebaik-baiknya,” tandas pria yang menjabat dua kali Kades Lebungnala itu. (man)

 

BAGIKAN