Bina dan Kembangkan Pemain Muda, Dispora Bersama KONI Gelar Liga U-16 Piala Menpora dan Royal DCT U-14 Regional Lampung

257
Ketua Umum KONI Pesawaran, M. Nasir bersama para panitia dan peserta liga berjenjang U 16 Piala Menpora 2019 seri Kabupaten Pesawaran saat foto bersama.
GEDONGTATAAN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesawaran berharap dengan adanya berbagai even kejuaraan olahraga sepak bola dapat menjadi sarana pembinaan dan pengembangan pemain muda lokal. Apalagi sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Seperti pada even liga berjenjang U 16 Piala Menpora 2019 seri Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Kecamatan Tegineneng dan Royal DCT U14 Regional Lampung di Hanura, Kecamatan Telukpandan. Dimana dengan bergulirnya Kompetisi Sepak Bola berjenjang tersebut merupakan bukti kongkrit pemerintah baik ditingkat pusat dan daerah dalam pembinaan sepak bola.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen untuk melakukan pembinaan sepak bola mulai dari level grass root. Karena dengan adanya pembinaan yang baik dan terstruktur untuk setiap umur, akan mendorong lahirnya bibit-bibit unggul pe sepakbola nasional,” ujar Kepala Dispora Pesawaran, Suranto, Senin (19/7).

Melalui liga sepak bola berjenjang dan kompetisi-komoetisi lainnya, Dispora berharap dapat lahir atlet-atlet hebat nantinya bisa memperkuat Timnas Indonesia. “Namun perlu juga adanya sinergi bersama seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait untuk meningkatkan prestasi olahraga ini” jelasnya.

BACA :  Antisipasi Pergerakan Massa, Polres Pesawaran Lakukan Penyekatan

Sementara, Ketua Umum KONI Pesawaran, M. Nasir menyampaikan bahwa lahirnya pemain bertalenta lanjut tidak akan datang secara tiba-tiba, namun dibutuhkan perencanaan yang sistematis, terarah, dan berkelanjutan. Kompetisi dan turnamen seperti ini menurutnya dapat menjadi salah satu solusi untuk membuka peta jalan prestasi atlet sepakbola.

“Turnamen ini merupakan momen yang baik bagi seluruh masyarakat terutama pencinta olah raga sepak bola di Kabupaten Pesawaran dalam upaya pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia di bidang olahraga. Tujuannya agar dapat meningkatkan prestasi atlet sepak bola, sehingga kedepan akan lebih memacu semangat seluruh atlet dan klub sepak bola yang ada,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Kabupaten Pesawaran, Azhari menyampaikan gelaran Piala Menpora seri Kabupaten Pesawaran dilaksanakan pada 6 dan 7 Juli 2019 lalu yang memperebutkan tiket ke seri provinsi dan ikuti sebanyak 6 team yg ada di Kabupaten Pesawaran. 

BACA :  Usai Rapid Tes 35 Pegawai, Dinas Kesehatan Kembali Lakukan Tracing
 
“Sebagai juara dan berhak maju ke seri provinsi yakni dari D5 Fc Hanura yang pada saat laga flnal kemarin berhadapan dengan team Garuda putra dari Desa Totoharja Kecamatan Wayratay dengan score 3-0. Dan selanjutnya ditingkat provinsi nanti akan memperebutkan tiket nasional yang rencananya akan dilaksanakan di Provinsi Banten,” terangnya.

Sedangkan untuk kegiatan Royal DCT U14 Regional Lampung yang dilaksanakan dilapangan krida yuana Hanura ini untuk memperebutan tiket nasional yang telah dilaksanakan pada 27 dan 28 Oktober 2018 lalu. 

 
“Juara dalam kompetisi tersebut diraih oleh Bintang Timur, Kabupaten Lampung Timur dan sebagai runner up dari D5 Fc Hanura Dari Kabupaten Pesawaran. Keduanya akan mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional yang rencananya akan di gelar di Lembang, Bandung,” pungkasnya. (Adv)