BLT DD Rp300 Ribu per Bulan

14
ILUSTRASI

KALIANDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan memastikan BLT DD 2021 disalurkan rutin setiap bulan. Uang sebesar Rp300 ribu itu akan dinikmati keluarga penerimaan manfaat (KPM) setelah desa memenuhi syarat pencairan dana desa (DD).

“Sesuai PMK 222 2020,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan Desa/Kelurahan Dinas PMD Lampung Selatan, M. Iqbal Fuad, S.STP saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa (12/1/2021).

Untuk jumlah KPM, belum bisa dipastikan totalnya. Apakah masih sama dengan tahun 2020 lalu, atau terjadi penambahan dan pengurangan penerima. Ketentuannya akan disampaikan setelah ada penilaian. Setelah itu, jumlah penerimanya baru akan diketahui. “Evaluasi dari data KPM sebelumnya,” katanya.

BACA :  Terkonfirmasi Covid-19 di Lampung Bertambah 174 Kasus

Diberitakan sebelumnya, bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) resmi dilanjutkan. Program untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 itu bakal diberikan selama tahun 2021. Kabar ini disampaikan kepada publik setelah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan mendapat instruksi dari pemerintah pusat.

Hal itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan dana desa. Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan menyebut nilai BLT DD tahun ini lebih kecil dari tahun 2020. Dengan hitungan angka bantuan sebesar Rp300 ribu per bulannya.

BACA :  PAW Darol Kutni Tunggu SK Gubernur

Pemerintah desa diminta segera memverifikasi data-data penerima. Langkah ini dilakukan agar BLT DD benar-benar jatuh ke tangan warga yang membutuhkan. Informasinya, penyaluran BLT DD ditarget pada Februari mendatang. Dengan pola pencarian sebesar 40 persen di tahap pertama, 40 persen di tahap kedua, dan 20 persen di tahap ketiga. (rnd)