BMKG Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

681

KALIANDA – Hujan deras yang melanda Kecamatan Kalianda, Selasa (3/4) lalu menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Ini terlihat dari banyaknya bangunan rumah dan fasilitas umum yang rusak.

Masyarakat pun tetap diminta waspada. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung memprediksi adanya kemungkinan hujan deras akan kembali menerpa Kecamatan Kalianda.

Kepala BMKG Maritim Lampung Sugiyono, S.T mengatakan, potensi hujan deras di Kalianda masih mungkin terjadi. Ini terjadi lantaran musim hujan yang masih berlangsung sampai saat ini.

BACA :  Ada Pasien di Ruang Covid-19 RSUD Bob Bazar

Bahkan, kata dia, musim hujan yang berlangsung saat ini memicu dan menjadi penyebab intensitas curah hujan yang masih tinggi seperti Kalianda. “Sehingga potensi seperti yang terjadi di Kalianda masih sangat perlu di waspadai,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (4/4) kemarin.

Selain musim hujan yang masih berlangsung, Sugiyono mengatakan, ada banyak faktor lain yang menyebabkan banjir bandang dan genangan air. Menurut Sugiyono, penyebabnya adalah faktor lingkungan dan alih fungsi lahan.

BACA :  Semprot Menyeluruh Tanpa Terkecuali!

“Hal ini tentu bisa saja memberikan dampak negatif ke berbagai bidang, baik secara langsung ataupun tak langsung. Salah satu dampak yang bisa dilihat adalah resiko banjir saat musim penghujan,” katanya. (rnd)