BMKG: Kondisi Cuaca Sudah Normal

331

KALIANDA – Curah hujan deras yang melanda wilayah Lampung Selatan dalam beberapa minggu terakhir telah berhenti. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung menjelaskan, kondisi hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu bisa saja terhenti.

Pihak BMKG menjelaskan, kondisi hujan deras, sedang, dan biasa saja memang sudah memasuki wilayah Lampung Selatan dan Lampung pada umumnya. Faktor tersebut terjadi karena wilayah Lampung telah memasuki musim hujan.

“Ada saatnya hujan deras, ada saatnya sedang, ada saatnya biasa-biasa saja. Itu hal biasa, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan,” kata Kepala BMKG Maritim Lampung, Sugiyono, S.T.M.Kom saat dihubungi Radar Lamsel, Minggu (25/11/2018).

BACA :  Esti Nur Fathonah Beri Petunjuk

Sugiyono mengatakan, selain curah hujan, kecepatan angin dan tinggi gelombang juga ikut menurun. Saat ini, kecepatan maksimum angin mencapai 15 knots. Sementara itu, untuk gelombang mencapai ketinggian rata-rata kurang dari 1 meter. Kondisi itu relatif normal jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Beberapa waktu lalu, kecepatan angin di wilayah Bakauheni bisa mencapai 20 knot, dengan kecepatan rata-rata 8 knot. Sedangkan untuk tinggi maksimal gelombang, berkisar antara 0,4 – 1,1 meter. Untuk wilayah perairan Selat Sunda bagian selatan dan perairan barat Lampung, tinggi gelombangnya berkisar antara 2,5 – 4 meter.

BACA :  Ada Fee Di Balik Rujukan Bidan

“Kalau sekarang relatif normal, dalam artian aman untuk berkativitas. Nanti, kami akan memberitahukan jika ada perubahan terkait kondisi cuaca yang baru,” katanya.

Meski cuaca relatif normal, Sugiyono tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi. Hal itu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat.

“Kami tetap mengimbau agar tetap waspada dan hati-hati, terutama wilayah yang rawan dengan bencana banjir dan longsor. Kami juga meminta masyarakat serta selalu memantau perkembangan cuaca selanjutnya,” katanya. (rnd)

BAGIKAN