BPBD Imbau Warga Tetap Waspada

78

SRAGI – Meski banjir luapan Way Sekampung yang menimpa Dusun Pusingan, Desa Kuala Sekampung dan Dusun Umbul Besar, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Hal tersebut diutarakan oleh staf Kedaruratan dan Logistik, BPBD Lampung Selatan, Nurma Suri setelah melakukan pemantaun paska banjir luapan Sungai Sekampung di Dusun Umbul Besar, Desa Bandar Agung, Rabu (5/1).

Imbauan untuk tetap waspada tersebut, lantaran Dusun Pusingan dan Umbul Besar tersebut akan selalu menjadi ancaman banjir karena wilayah dua dusun tersebut memiliki ketinggian yang hampir sama dengan permukaan Sungai Sekampung.

“Dari catatan penanggualan banjir BPBD, Dusun Pusingan dan Umbul besar akan selalu dihantui dengan ancaman banjir setiap tahun. Karena lokasi yang mereka tinggali memang bukan untuk pemukiman,” kata Nurma memeberikan keterangan kepada Radar Lamsel, di sela pemantauan tersebut.

BACA :  Musnahkan Narkoba di Ultah Bhayangkara

Bahkan untuk tahun- tahun berikutnya, lanjut Nurma, dua dusun tersebut tidak akan lepas dari ancaman banjir. Satu-satunya jalan untuk menghapus ancaman banjir tersebut yakni dengan merelokasi pemukiman masyarakat.

“Untuk menanggulangi masah banjir ini pemerintah harus melakukan dobrakan, yaitu merelokasi pemikiman masyarakat. Terutama di Dusun Pusingan yang berdampingan langsung dengan Sungai Sekampung,” teranganya.

Meski saat ini banjir sudah mereda, lanjut Nurma, dua unit tenda di Dusun Pusingan masih didirikan untuk mengungsikan masyarakat jika terjadi banjir susulan.

BACA :  Dinas Perikanan Sengget Anggaran Pusat Rp8,1 M

“Di Dusun Pusingan tenda pengungsian milik Kampung Siaga Bencana (KSB) masih standby. Karena kita khawatir banjir akan terjadi lagi. BPBD juga sudah memberikan bantuan logistik untuk lima keluarga yang terdampak,” ucapnya.

Untuk semantara ini, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada hingga April mendatang. Nurma juga mengharakan, masyarakat juga dapat membersihkan sampah yang berada di lingkungan pemukiman.

“Harapan kami masyarakat Dusun Pusingan dan Umbul Besar dapat melakukan pembersihan sampah yang menyumbat saluran drainas. Sehingga tidak menghambat ait pada saat air menyusut,” harapnya. (vid)