BPD Diminta Bersinergi Bangun Desa

94
Shofyan Apriyansyah – Camat Candipuro Wasidi saat pemaparan penyuluhan PBB kepada warga desa di balai Desa Titiwangi, Kecamatan candipuro, Senin (16/9).

CANDIPURO – Pemerintah Kecamatan Candipuro meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk bersinergi dengan aparatur desa dalam pembangunan.

Itu disampaikan Sekretaris Kecamatan Candipuro Syamsudin, ia mengatakan, peran aktif BPD di merupakan hal mutlak yang mesti dikedepankan. Sebab, melaui kerjasama lintas pemangku kepentingan yakni BPD dan pemerintahan desa capaian pembangunan bisa optimal.

“ Namun, sinergitas harus sesuai dengan peraturan dan Tupoksinya,” terangnya. Saat kegiatan sosialisasi Bimtek Tupoksi BPD di Balai Desa yang dihadiri oleh aparatur Desa dan struktural BPD se-Candipuro di Balai Desa Titiwangi, Senin (16/9).

Smentara Kades Titiwangi Sumari mengatakan, BPD merupakan cerminan aspirasi masyarakat dalam pembangunan di Desa. Untuk itu dalam perumusan Rencana Anggaran Pembangunan Desa (RPJMDes) bersama Pemerintahan Desa, BPD dituntut proaktif dalam kontrol pengawasan, memberikan masukan dan pandangan dalam pembangunan di desa.

“ Agar terwujudnya arah pembangunan yang berkelanjutan di Desa serta tepat guna dan tepat sasaran bagi kepentingan masyarakat,” katanya.

Dilain pihak, Ketua BPD Desa Titiwangi Arif Rahman Hakim mengatakan, pihaknya dalam melakukan kontrol pengawasan terkait segala bentuk pembangunan di desa akan bersinergi bersama pemerintah desa.

“ BPD merupakan mitra kerja pemerintahan desa, sinergitas akan terus dijaga guna menciptakan iklim yang sejuk di Desa. Koordinasi akan terus dipelihara guna pengimplementasian pembangunan di desa bisa optimal,” pungkasnya. (CW2)