Buka Kran Laporan, Sisir Pohon Rawan Tumbang

29
Randi Pratama - Kasat Lantas Polres Lamsel, AKP. Edwin W.D. Putra, S.I.K memnatau langsung penebangan pohon di Jalinsum, Jumat (22/1/2021)

KALIANDA – Tim Cepat Darurat Bencana Kabupaten Lampung Selatan akhirnya dibentuk. Komposisi tim ini terdiri dari Satpol PP, Dishub, BPBD, Damkar, dan Sat Lantas Polres Lamsel. Tujuan utama dibentuknya tim ini untuk menangani permasalahan pohon besar yang rawan tumbang.

Baik itu pohon di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), maupun di jalan-jalan lain. Awal pergerakan tim ini dilakukan pada Jumat (22/1/2021) lalu, dengan melaksanakan pemangkasan pohon-pohon besar yang berada di simpang Gor Way Handak, Kecamatan Kalianda.

Kasat Lantas Polres Lamsel, AKP. Edwin W.D. Putra, S.I.K sekaligus Koordinator Tim Darurat Bencana Kabupaten Lampung Selatan, mengatakan pemangkasan pohon tersebut bertujuan untuk mencegah kembali terjadinya kejadian pengendara, atau masyarakat yang tertimpa pohon tumbang ketika melintas di jalan.

Kegiatan penebangan pohon bersama, kata Edwin, merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah, dan Kepolisian kepada masyarakat Lamsel. Menurut dia, hal tersebut harus ditangani dengan cepat. Supaya tumbangnya dua pohon yang membuat dua pengendara mengalami hal buruk tidak terjadi lagi.

BACA :  Ratusan Tentara Divaksin

Berangkat dari peristiwa memilukan itu, lanjut Edwin, pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Damkar dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, dan PLN, melakukan koordinasi sejak beberapa waktu lalu untuk memangkas pohon yang dapat membahayakan masyarakat.

“Kita sudah sepakat, supaya tidak terjadi lagi hal serupa untuk ke depannya,” katanya kepada Radar Lamsel.

Lulusan Akpol 2012 melanjutkan, banyak spot-spot yang di sepanjang jalan yang ke depannya dijadwalkan pemangkasan. Setelah beres di Kota Kalianda, pemangkasan selanjutnya dilakukan bertahap ke seluruh wilayah Kabupaten Lamsel. Masyarakat juga bisa melapor kepada Dinas Damkar, dan BPBD Kabupaten Lamsel apabila terdapat pohon besar yang dapat membahayakan.

BACA :  Seleksi Pemain Timnas U-16 dan U-19

“Bisa lapor ke Damkar, atau BPBD. Silakan disampaikan. Ini sangat membantu kita, karena dengan informasi tersebut kita bisa tepat sasaran,” katanya.

Edwin mengingatkan pengendara motor wajib memakai helm. Berkaca dari kejadian sebelumnya, pohon jatuh menimpa pengendara yang tidak mengenakan helm. Sehingga bagian pohon langsung terkena kepala dan menyebabkan pendarahan hebat.

Kabid Damkar Lamsel, Rully Fikriansyah, S.E.,M.M. mengatakan pihaknya siap menampung laporan masyarakat terkait pohon yang rawan tumbang. Seterusnya, Damkar akan menindaklanjuti laporan tersebut kepada DLH. “Laporan tetap kita terima, yang kerja DLH. Tapi kami siap bantu tenaga,” katanya. (rnd)