BUMDes Mati Suri Diaktifkan Kembali

28
ILUSTRASI

TANJUNG BINTANG – Sempat vakum kegiatan, Pemerintah Desa Purwodadi Simpang, Kecamatan Tanjung Bintang bakal mengaktifkan kembali Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kepengurusan yang baru.

 

Kepala Desa (Kades) Purwodadi Simpang, Lamidi, diwakili oleh Sekertaris Desa (Sekdes) Purwodadi Simpang, Catur Handoko Nugroho menjelaskan, terlaksananya kegiatan BUMDes yang baru merupakan salahsatu upaya Pemdes setempat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

“Ini sebagai salahsatu upaya Pemerintah Desa untuk menunjang ekonomi masyarakat, karena sebelumnya BUMDes kita sempat vakum tetapi anggarannya masih tersimpan,” Ucapnya kepada Radar Lamsel di Balai Desa Purwodadi Simpang, Rabu (2/12).

BACA :  Baru jadi, SPAM Sudah Bocor

 

Kendati demikian, adanya BUMDes tersebut akan melibatkan masyarakat. Sehingga, masyarakat Desa Purwodadi Simpang juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil BUMDes.

 

“Kebetulan disini banyak yang memproduksi keripik pisang termasuk ketua BUMDes kita yang baru, kendalanya adalah bahan baku dan biasanya mengambil dari Natar. daripada mengambil bahan baku dari luar kenapa tidak dari kita saja,” Ungkapnya

 

BACA :  Operasi Yustisi Digelar di Tanjungbintang

“Nantinya bagi masyarakat yang mempunyai lahan akan kita berikan bibit pisang kepok, kemudian setelah panen, pisang itu akan kita beli ke masyarakat lalu oleh BUMDes dijual ke produsen keripik pisang,” Imbuhnya.

 

Selain itu, BUMDes Purwodadi Simpang juga melibatkan para peternak kambing untuk memproduksi pupuk dari kotoran kambing. “Kemungkinan nanti kita siapkan untuk alat penggiling kotoran kambing untuk dijadikan pupuk, ada sekitar 78 peternak kambing, bahkan mereka sudah ada kepengurusannya sendiri,” Tutupnya.(rif)