Bumisari Bangun TPT dan Jalan Rabat Beton 500 Meter

76
Kades Bumisari H Supriono (baju biru kotak-kotak) bersama Camat Natar Eko Irawan (topi merah putih) secara simbolis menumpahkan adukan untuk jalan rabat beton.

NATAR – Pemerintah Desa Bumisari memulai pembangunan Infrastruktur melalui Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran (TA) 2020.

Pembangunan dimulai dengan pengecoran Jalan Arjuna, Dusun I sepanjang 500 meter, lebar 3 meter dan ketebalan 0,15 meter. Tidak hanya rabat beton, dilokasi yang sama juga telah dibangun Talud Penahan Tanah (TPT) dengan panjang yang sama.

Desa yang mendapatkan status desa mandiri itu melakukan pembangunan dengan tetap memperhatikan pandemi global virus corona sehingga tidak bisa mempekerjakan warga terlalu banyak dalam satu hari. “Pembangunan tetap Padat Karya Tunai (PKT) sesuai arahan Kementriam Desa dan presiden,” ungkap Kepala Desa Bumisari H Supriono kepada Radar Lamsel usai melakukan trial, Sabtu (28/3).

Dia mengatakan, seperti arahan dari Kementrian Desa bahwa realisasi Dana Desa (DD) harus segera dilakukan untuk membantu ekonomi warga di desa. “Harapan saya dengan dimulainya pembangunan ini sejumlah warga dapat merasakan manfaatnya melalui PKT,” katanya.

Supriono menambahkan, pembangunan rabat beton dan TPT di dusun tersebut memang telah lama diminta oleh warga setempat. “Memang aspirasi masyarakat, kondisi jalannya sudah harus dicor,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Natar Eko Irawan yang turut hadir dalam trial tersebut mengatakan Desa Bumisari selalui menjadi barometer di Kecamatan Natar dalam hal apapun termasuk administrasi APBDes. “Predikat desa mandiri memang tidak salah disematkan kepada Desa Bumisari, saya berharap kecakapan pemerintah desa ini bisa diikuti oleh desa lainnya,” pungkasnya. (Adv)