Bupati Datang, Rumah Salimin Dijamin Berdiri

92
Shofyan Apriyansyah – Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, memberikan bantuan kepada keluarga Mbah Salimin korban rumah rubuh, akibat diterjang hujan disertai angin kencang di kediamannya, kemarin.

WAYSULAN – Pasca rubuhnya satu rumah milik Salimin (61) dan istri Supami (58) warga Dusun Tegal Desa Pamulihan, Kecamatan Waysulan, bantuan terus berdatangan.

Bukan hanya warga sekitar yang terketuk dan memberikan bantuan kepada pasangan suami istri (Pasutri) itu. Keperihatinan yang besar juga datang dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan juga anggota DRPD Provinsi Lampung.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta jajarannya menjenguk Salimin di RSUD Bab Bazar pada Selasa (14/1/2020) pagi.

Selain memberikan bantuan uang tunai, Nanang pun berjanji akan membangun kembali rumah Salimin yang roboh akibat dihempas hujan deras disertai angin kencang.“Yang sabar ya pak, ini cobaan. Yakin saja, semua ada hikmahnya. Nanti kita bangun kembali rumahnya,” ujar Nanang memberi semangat kepada Salimin.

Tak puas hanya membesuk kakek malang itu di RSUD Bob Bazar. Nanang Ermanto diam-diam menyambangi kediaman Salimin yang ambruk di Desa Pamulihan, Kecamatan Way Sulan.

Hujan deras tak menyurutkan langkah orang nomor satu di kabupaten ini untuk meninjau kediaman rakyatnya yang diterpa musibah. Mengenakan jas hujan merah ia menyerahkan sejumlah uang tunai serta berikut meterial bangunan lengkap dengan pembiayaan untuk buruh bangunan.

Informasinya, Politisi PDIP Lamsel itu juga menyerahkan langsung bantuan logistik berikut perlengkapan tidur untuk salimin dan istrinya.

Bantuan orang nomor satu di bumi Khagom Mufakat tersebut diterima Nawawi (32) anak kandung Salimin. Ia sangat berterima kasih atas kehadiran Plt.Bupati ke kediamannya.

“ Saya nggak menduga pak bupati mau datang langsung kesini hujan-hujan. Atas perhatian besar yang diberikan beliua kami warga Pamulihan mengucap terimakasih yang sebesar-besarnya,” ujar Nawawi.

Kepala Desa Pamulihan Saparudin sangat bersukur, atas besarnya perhatian Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang akan membangun rumah Salimin dan istri yang rata dengan tanah tersapu hujan disertai angin kencang pada senin lalu.

“Pak Plt. Bupati datang langsung ke lokasi hujan-hujan menjelang maghrib. Dia menjamin rumah Salimin dapat berdiri lagi. Itu ditunjukan dengan memebrikan sejumlah uang tunai berikut material supaya rumahnya bisa dibangun kembali. Logistik berikut perlengkapan tidur juga dibawakan untuk Salimin,” jelasnya.

Camat Waysulan Munir, SE mengatakan, pihaknya saat ini berupaya mengkoordinir warga untuk bergotong-royong membersihkan runtuhan puing bangunan rumah Salimin dan Supami itu.

“ Saat ini, kami sedang bergotong-royong membersihkan puing runtuhan rumah pak Salimin bersama warga dan Uspika. Sambil menanti kedatangan Pemkab Lamsel yang rencananya akan mendistribusikan bantuan hari ini (kemarin’red) kepada keluarga korban, ” kata Munir.

Diketahui, Salimin (61), mengalami patah tulang kaki akibat tertimpa reruntuhan rumahnya yang roboh di Desa Pamulihan, Kecamatan Way Sulan.

Rumah kakek-kakek itu roboh hingga rata dengan tanah akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Senin (13/1/2020). Dari informasi yang dihimpun hujan yang mengguyur pada Senin sore hingga menjelang magrib kemarin sangat deras.

Warga sekitar memilih berdiam di dalam rumah, termasuk Salimin bersama istrinya Supami (58). Naas, rumah Salimin tiba-tiba ambruk dan menimpanya. Akibatnya, kaki kiri Salimin patah tertimpa reruntuhan bangunan. Sementara istrinya berhasil menyelematkan diri.

Warga dibantu aparat setempat pun membawa Salimin ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda untuk mendaptkan perawatan.(man/CW2)