Bupati Dendi Buka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Tahun 2020

22
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membuka sekolah lapang cuaca nelayan tahun 2020.

GEDONGTATAAN – Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona menerima sekaligus membuka kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan 2020 Provinsi Lampung yang di laksanakan di Aula Pemda Pesawaran, Selasa (15/09).

Kegiatan sekolah lapang cuaca tahun 2020 yang dimotori BMKG Maritim dengan para nelayan yang tergabung dalam HNSI diikuti sekitar 30 orang peserta dari beberapa daerah maritim yang ada di provinsi lampung.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, KabupatenPesawaran merupakan kabupaten yang pertama kalinya di tunjuk sebagai tempat di adakannya sekolah nelayan tersebut. Dan menururnya hal ini merupakan sesuatu yang berharga bagi Kabupaten Pesawaran.

“kita cukup bangga bawa Pesawaran menjadi tuan rumah dalam acara sekolah lapang cuaca nelayan ini yang selalau diselenggarakan secara rutin di seluruh Indonesia. Tentu saja hal ini bisa berdampak dalam peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Dendi.

BACA :  PAN dan Nasdem Konsolidasi Menangkan "Bersinar"

Dendi kembali menyampaikan, sekolah lapang cuaca nelayan merupakan hal yang pertama di Kabupaten Pesawaran. Namun hal tersebut mungkin merupakan rutinitas dari BMKG dalam rangka mendampingi para nelayan agar bisa menjaga keamanan dan safety dirinya. Bukan hanya mengejar rezeki tapi juga bisa menjaga diri dari kemungkinan gangguan alam yang bakal dihadapi saat melaut.

“Tapi alangkah baiknya faktor pengalaman dan jurus yang diturunkan oleh nenek moyang kita yang para pelaut itu digabungkan dengan teknologi yang memang sudah mumpuni hari ini. Insya Allah nelayan bisa lebih maksimal mendapatkan tangkapannya dari pemahaman yang diberikan oleh BMKG,” tandasnya.

BACA :  Pemkab Pesawaran Terus Kembangkan Potensi Desa Wisata

Sementara, Kepala BMKG Provinsi Lampung Andi Cahyadi mengatakan, bahwa kegiatan Sekolah Lapang Nelayan Cuaca Maritim  bertujuan untuk meningkatkan keamanan pelaut juga meningkatkan kesejahteraan para pelaut.

“Sebenarnya Sekolah Lapan Cuaca Nelayan ini merupakan Program BMKG Pusat. Selain Sekolah Lapang Cuaca, ada juga sekolah Lapang Tani. Tujuan diadakan Sekolah Lapang Nelayan Cuaca Maritim ini bertujuan meminimalisir kecelakaan-kecelakaan yang ada di laut dan juga meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” singkatnya. (esn)