Bupati Dendi Hadiri Musrenbang Kecamatan Teluk Pandan

199
Foto Edy - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menghadiri Musrenbang Kecamatan Teluk Pandan di Sanggar Mangliawan Desa Hanura, Rabu (20/02).
TELUKPANDAN – Bidang infrastruktur masih menjadi topik primadona dalam pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar di aula kantor Balai Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan pada Selasa (20/2).
 
“Infrastruktur masih menjadi prioritas, tambahan disektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu prioritas penanggulanan bencana, karena beberapa hari lalu ada bencana banjir,” ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat diwawancarai usai kegiatan musrenbangcam di Teluk Pandan pada Selasa (20/2).
 
Dikatakan, pelaksanaan musrenbang merupakan upaya menyerap aspirasi masyarakat dan memapping kebutuhan prioritas pembangunan sesui masing-masing wilayah. Dimana nawacita Dermawan akan menjadikan Pesawaran sebagai Bumi Wisata pada 2025 mendatang.
 
“Untuk mewujudkan itu (Bumi wisata) akses infrastruktur dan amenitinya dalam sektor pariwisata, regulasi dan iklim investasi,” ucapnya.
 
Sedangkan progres pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata Teluk Pandan, pada 2019 sudah mulai  dilaksanakan konsorsium dan pembangunan infrastruktur akan ditarget pada 2020 mendatang.
 
“Tidak hanya sektor pariwisata tetapi juga kita berikan program terhadap nelayan-nelayan di wilayah peaisir. Seperti pembuatan pas kecil secara gratis untuk kapal-kapal nelayan dan asuransi bagi nelayan pra sejahtera,” ujarnya.
 
Menurut ketua Karang Taruna Provinsi Lampung ini, pembangunan di Kecamatan Teluk Pandan diarahkan pada percepatan perwujudan Desa Tangguh dan Mandiri dengan didorong dalam perspektif Kawasan Perdesaan sehingga akselerasi pembangunan dapat lebih cepat terwujud. Dan upaya pengembangan potensi sumber daya unggulan sebagai Destination Branding Pesawaran, di Kecamatan Teluk Pandan  diantaranya Pariwisata; Perikanan;  Ketenagakerjaan; Pertanian;Ketahanan Pangan; Koperasi dan UMKM.
 
“Pada tahun 2020 nanti akselarasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pesawaran yakni akselarasi pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Untuk pertumbuhan berkualitas,” jelasnya.
 
Dikatakan, prioritas pembangunan Kabupaten Pesawaran pada 2020 akan difokuskan pada peningkatan pembangunan manusia dan perwujudan kehidupan sosial yang harmonis; penguatan infrastruktur dan kesiapan penanggulangan bencana, serta Percepatan perwujudan desa tangguh dan mandiri; pningkatan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi.
 
“Kemudian percepatan pengembangan sektor unggulan dan peningkatan iklim investasi dalam memperkuat perekonomian daerah,” ucapnya.
 
Untuk itu Dendi berharap rencana kerja yang diusulkan benar-benar merupakan program atau kegiatan prioritas dan mendesak yang ada di wilayah kerja masing-masing. Serta merupakan hasil kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara hasil Musrenbang Kecamatan Teluk Pandan tahun 2019. 
 
” Hasil kesepakatan tersebut selanjutnya masih memerlukan proses sinkronisasi dengan rencana kerja tingkat kabupaten yang akan dipertajam dalam forum perangkat daerah dan Musrenbang Kabupaten,” tutupnya. (Esn)