Bupati Dendi Resmikan Pasar Desa Kalirejo

73

NEGERIKATON – Dari sekitar 26 pasar desa di Kabupaten Pesawaran, sebanyak 21 pasar telah dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran di masa kepemimpinan Dendi Ramadhona bersama Eriawan, salah satunya yang ada di Desa Kalirejo.

“Di Pesawaran ada 29 pasar, namun dari 29 pasar itu yang kepemilikan tanahnya milik desa sebanyak 26. Sementara sisanya milik pribadi sehingga tidak bisa kita bangun. Dan di era saya, sudah 21 pasar desa yang sudah dibangun. Tentunya ini bisa terwujud berkat doa dan dukungan dari masyarakat,” ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat peresmian pasar desa di Desa Kali Rejo Kecamatan Negerikaton, Kamis (2/7).

Dikatakan, pasar rakyat merupakan titik ekonomi masyarakat. Sehingga, pada kepemimpinan Dendi- Eriawan tidak mengizinkan adanya izin pendirian baru pasar modern di tengah pasar tradisional.

BACA :  Awas! Malaria Mulai Menyerang

“Yang sudah ada (pasar modern,red) tidak kita tutup. Tapi untuk izin baru tidak saya izinkan,” tegasnya.

Selain itu Dendi menegaskan agar kegiatan perdagangan di pasar Desa Kalirejo tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Baik para pedagang dan pembeli. Dan diminta bagi para petugas pasar untuk membuat aturan dan tegas dalam menerapkan aturan tersebut.

“Jangan sampai kita sibuk mencari rezeki tapi mengabaikan kesehatan. Jadi tolong bagi yang tidak menggunakan masker tolong izin lapaknya dicabut,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sam Herman mengatakan pada peresmian pasar Desa Kalirejo tersebut juga diserahkan secara simbolis gerobak bakso dan rombong. Dimana dari total 100 gerobak bakso, sebanyak 30 gerobak diserahkan secara simbolis pada kegiatan tersebut yang dialokasikan untuk para pedagang di empat kecamatan.

BACA :  Idhamsyah Jabat Ketua MKKS SMA

“Untuk tahap pertama ada 30 unit gerobak, sisanya nanti menyusul dan masih menunggu turun dari Kementerian. Nah,termasuk ada bantuan 20 unit rombong serta sembako untuk para pedagang, pelaku UMKM, IKM dan pelaku transportasi di masa pandemi covid-19 ini,” singkatnya.

Dengan diresmikan Pasar di Desa Kalirejo, Kepala Desa Kalirejo Sarwo Edi berharap jika nantinya itu membuat kegiatan perekonomian masyarakat berjalan dengan baik. Terutama untuk meningkatkan produktifitas yang sebelumnya terhambat karena pandemi Covid-19.

“Dengan adanya pasar ini saya harapkan bisa membantu perekonomian masyarakat, karena dengan adanya tempat yang layak dan bersih membuat interaksi pedagang dan pembeli akan terjalin baik. Dan yang paling penting produktifitas masyarakat akan bertambah seiring dengan sarana dan prasarana seperti pasar ini,” tutupnya. (arl/esn)