Bupati Dendi Serahkan Bantuan Program Bedah Rumah

54

TELUK PANDAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona secara simbolis menyerahkan bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya kepada 175 kepala keluarga yang berada di Kecamatan Gedongtataan, Teluk Pandan dan Margapunduh yang dipusatkan di Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Jum’at (07/8).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya atau biasa di sebut bedah rumah tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat Tahun 2020 yang diturunkan untuk masyarakat di Kabupaten Pesawaran.

” Bantuan bedah rumah ini bersumber dari DAK. Namun, hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pesawaran untuk jemput bola ke pemerintah pusat untuk membantu masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Dendi mengungkapkan, bahwa setiap tahun, sekitar 600 kabupaten/kota salin berebut di Kementerian Perumahan Rakyat untuk mendapatkan program bantuan rumah. Maka, dengan berbagai daya dan upaya, juga pendekatan kepada pemerintah pusat sehingga program ini bisa turun di Kabupaten Pesawaran. Karena, jika hanya mengandalkan anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran maka tidak akan banyak program bedah rumah yang akan disalurkan untuk masyarakat. Hal ini tentu saja dapat kecemburuan diantara masyarakat lantaran banyak yang tidak mendapatkan bantuan bedah rumah.

BACA :  Ny. Nanda Indira Dendi Lantik Pengurus PMI 5 Kecamatan

“ Kita semua patut bersyukur , dan tahun depan akan ada tambahan sekitar 800 unit lebih bantuan program bedah rumah. Ini semua berkat daya upaya kita yang tak henti-hentinya untuk membantu masyarakat di Bumi Andan Jejama. Dan, kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari program ini harap bersabar, kita akan tetap upayakan agar masyarakat yang layak mendapatkan bantuan bisa menerima program bantuan bedah rumah ini,” tegas Dendi.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pesawaran Firman Rusli mengatakan, program bedah rumah merupakan tanggung jawab dan kewajiban pemerintah daerah dalam melakukan pelayanan dasar untuk membantu masyarakat agar dapat bertempat tinggal dan meningkatkan kualitas pemukimanya. Untuk itu, maka Dinas Perkim secara aktif menarik program-program dari Kementerian, salah satunya adalah program bantuan bedah rumah.

BACA :  Ny. Nanda Indira Dendi Lantik Pengurus PMI 5 Kecamatan

“Program bedah rumah ini dimulai sejak tahun 2017. Dimana pada tahu 2017 kita mendapatkan bantuan 624 unit, tahun 2018 mendapatkan 534 unit, tahun 2019 mendapatkan 410, tahun 2020 mendapatkan 445 unit. Dan dalam waktu dekat kita akan mendapatkan lagi bantuan sekitar 850 unit. Sehingga total bantuan hingga saat ini sekitar 2.863 unit. Dan secara target, kita sudah melampaui target sekitar 605 unit,” paparnya.

Selanjutnya Firman Rusli berharap melalui program ini, rumah tidak layak huni di Kabupaten Pesawaran dapat berkurang sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal ini sejalan dengan misi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, yakni mewujudkan terciptanya masyarakat yang sehat jasamani dan rohani, dan program ini merupakan salah satu bukti misi dari bupati.

“Dalam rangka program peningkatan kualitas rumah swadaya, maka mari kita jaga dengan baik program ini sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan mampu mencapai visi bupati pesawaran untuk mewujudkan Kabupaten Pesawaran yang makmur, maju dan sejahtera,” tandasnya. (esn)