Butuh Dukungan Lintas Sektoral

397

DKP Lamsel dan Provinsi Optimalkan KMP di Palas

PALAS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pemkab Lamsel dan DKP Provinsi Lampung meninjau perkembangan lima kawasan mandiri pangan (KMP) yang ada di Kecamatan Palas, selasa (24/7) kemarin.

Dari hasil tinjauan itu, lima KMP yang ada di Kecamatan Palas sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, tahap kemandirian pangan masih diperlukan pembenahan administrasi masing-masing kelompok KMP. Itu diungkapkan Kabid Ketersedian dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahan Pangan Provinsi Lampung Halimah Tusyakdiah.

“Untuk lima KMP di Kecamatan Palas sudah berjalan dengan baik. Namun dalam tahap kemandirian pangan masih perlu dilakukan pembenahan administarsi,” ungkapnya.

BACA :  Nyepi Ditengah Pandemi

Halimah Tusyakdiah menambahkan, untuk mempercepat proses tahap mandiri pangan di Kecamatan Palas diperlukan dukungan lintas sektoral.  “Harapan kami untuk mecapai kawasan mandiri pangan, perlunya dukungan kepada KMP dari lintas sektor, dari perindustian balai BPOM dan pemerintah kecamatan dan desa,”terangnya.

Sementara, Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan Hidayat Yusuf mengatakan, monitoring yang dilakukan Pemkab Lamsel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung ini dalam rangka optimalisasi perkembangan KMP di Kecamatan Palas.

BACA :  125 Hektar Sawah Terdampak Banjir Belum Tanam

“Di Kecamatan Palas terdapat lima kelompok KMP yang dibina Pemkab Lamsel dan Pemprov Lampung. Yakni, kelompok maju bersama di Desa Mekarmulya dengan jenis kegiatan pembudidaya ikan patin sekaligus pengolahan, kelompok Flamboyan di Desa Kalirejo dengan pengolahan Singkong, kelompok Bunga Tasbih di Desa Palas Jaya yang mengolah Budidaya Ikan, kelompok usaha bersama Desa Bandanhurip jenis usaha pengolahan ikan, kelompok Rosela di Desa Pulau Tengah yang mengolah jajanan Rengginang,” papar Hidayat Yusuf yang menyebutkan lima KMP di Kecamatan Palas sudah berjalan empat tahun sejak 2015 silam.(CW1)