Camat Diminta Buat Laporan Tiap Minggu

699

KALIANDA – Anggaran dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat dirasa sangat tepat untuk membantu program pembangunan ditingkat desa. Serta dinilai mampu merampungkan berbagai misi pembangunan.
Agar pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari DD bisa berjalan sesuai harapan, Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan meminta setiap camat untuk melaporkan kegiatan melalui DD setiap minggu.
Sehingga, apabila ada permasalahan bisa ditanggulangi sedini mungkin. “Saya minta camat melaporkan kegiatan DD setiap desa per minggu. Jadi, kalau ada permasalahan bisa kita selesaikan secepatnya,”ujar Zainudin usai rakor, kemarin.
Dalam pelaporan kegiatan desa melalui DD tersebut, tambahnya, camat bisa dibantu dengan sekcam dan para Kepala UPT disetiap sektor masing-masing. Sehingga, pelaporannya bisa tepat dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
“Pekerjaan ini bisa dibagi dengan Kepala UPT dan sekcam. Kalau kerjasama mereka baik, saya yakin pembangunan desa bisa berjalan sesuai dengan rencana,”imbuhnya.
Adik kandung Ketua MPR-RI ini melanjutkan, pihaknya siap memfasilitasi pengguna anggaran DD yang bermasalah dalam mengelola kegiatan DD.
“Maka dari itu, apa yang saya katakan tadi semestinya diindahkan. Kita bakal lihat apa permasalahannya. Kalau toh bisa diselesaikan secara internal akan kita upayakan. Kalau memang tidak mau dibantu, terpaksa aparat yang berwajib akan kita libatkan kalau pengguna anggaran DD macam-macam dalam pengelolaannya,”tutupnya.
Terpisah, Plt. Kepala BPKAD Lamsel Drs. H. Edy Firnandi, M.Si menegaskan, untuk pencairan DD tahap II hingga saat ini belum diproses. Sebab, masih menunggu pelaporan dari setiap desa mengenai kegiatan pada tahap I.
“Kalau ada desa yang sudah melaporkan kegiatan pada tahap I bisa kita proses. Tetapi sekarang ini belum ada desa yang melaporkannya. Kemungkinan, bulan depan baru bisa kita proses untuk pencairan di tahap kedua,”terang Edy Firnandi. (idh)

BACA :  Siap Hompimpa Demi Poros Baru