Camat Kalianda Minta Aparat Desa Segera Bentuk BUMdes

713
Iwan J Sastra – Camat Kalianda Setiawansyah tengah memberikan arahan kepada peserta rakor, di Aula Kantor Kecamatan Kalianda, Kamis (15/9) kemarin.

KALIANDA – Camat Kalianda Setiawansyah meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Kalianda yang belum membentuk Badan Usaha milik Desa (BUMdes) di desanya agar secepatnya menyusun kepengurusan BUMdes.
Pasalanya, program pembangunan desa yang akan dibiayai menggunakan anggaran dana desa (DD) ditahap II tidak lama lagi akan segera dimulai.
Permintaan itu disampaikan Setiawan dalam rapat koordinasi (Rakor) Kades se- Kecamatan Kalianda, di Aula Kantor Kecamatan Kalianda, Kamis (15/9) kemarin.
“Saya minta agar desa yang belum membentuk BUMdes untuk segera menyusun kepengurusannya. Sebab Pemkab Lamsel akan memberikan dana pendamping untuk pengembangan BUMdes yang akan dimulai pada tahap ke dua dalam pelaksanaan program dana desa,” ujar Setiawansyah.
Menurut Setiawansyah, dalam membentuk kepengurusan BUMDes itu tidak terlalu sulit. Asalkan, pembentukan pengurus dilakukan atas dasar musyawarah desa (Musdes) dengan melibatkan semua elemen masyarakat desa termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
“Jika dalam pelaksanaan program DD tahap II ini semua kepenguruan BUMdes sudah terbentuk, maka dana pendamping dari Pemkab Lamsel akan segera diberikan. Maka dari itu, saya minta kepada masing-masing desa yang belum membentuk BUMdes agar segera menyusun kepengurusannya melalui musyawarah di desa,” terangnya.
Setiawansyah pun mengimbau, untuk menentukan modal penggerakan BUMDes yang bersumber dari DD, itu harus dimusyawarahkan terlebih dahulu. Meski utamanya DD tersebut diperuntukkan bagi pembangunan insfrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat di desa.
“Diharapkan juga, agar dana yang dijadikan modal untuk menjalankan BUMdes nantinya bisa terus berputar. Sehingga bisa meningkatkan modal usaha yang akhirnya mampu mengembangkan BUMdes, sekaligus bisa menjadi pendapatan asli desa,” harapnya. (iwn)

BACA :  PPK dan PPS Dinonaktifkan, Honor Maret Tetap Cair