Candipuro Siagakan Pos Pelayanan Penyaluran BST

68
Shofyan - Camat Candipuro, Wasidi, SE, meninjau langsung penyaluran BST dari Kemensos RI bagi warga Candipuro tidak mampu terdampak Covid-19, di Kantor Pos Sidomulyo, Senin (18/5).

CANDIPURO – Demi optimalnya penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh pemerintah bagi warga tidak mampu terdampak Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) di Kecamatan Candipuro terjun langsung membuka pos pelayanan darurat bagi masyarakat di Kantor Pos Sidomulyo, Senin (18/5).

Camat Candipuro Wasidi, SE saat meninjau langsung penyaluran BST bagi warga tidak mampu di wilayah Candipuro terdampak Covid-19 di Kantor Pos Sidomulyo mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan bagi setiap desa di Kecamatan Candipuro untuk menyiagakan pos pelayanan masyarakat di lokasi penyaluran BST.

” Kunjungan hari ini di Kantor Pos Sidomulyo, dalam rangka meminjau langsung jalanya penyaluran BST dari Kemensos RI di Kantor Pos Sidomulyo kepada KPM BST warga Candipuro,” ungkap Wasidi kepada Radar Lamsel dilokasi, Senin (18/5).

Upaya tersebut sambung Wasidi, guna memastikan penyaluran BST kepada warga tidak mampu di Candipuro Terdampak Covid-19, yang telah terverifikasi dan tervalidasi sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST oleh Kemensos RI berjalan optimal.

” Langkah ini dilakukan guna meminimalisir kendala yang dihadapi oleh KPM BST pada saat melalukan pencairan dana BST dari Kemensos RI di Kantor POS Sidomulyo ini,” ucapnya.

BACA :  KPM Candipuro Cairkan Sembako via E-Waroeng

Mengingat lanjutnya, masih adanya kendala bagi KPM BST dalam melakukan pencairan di Kantor POS. Diantara penyebabnya ia menyebut, masih adanya perbedaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KK dan KTP tidak sama dengan yang tertera di surat undangan.

” Alhamdulilah, melalui langkah ini, kendala yang dihadapi oleh masyarakat khususnya di wilayah Candipuro dalam melakukan pencairan BST di Kantor POS Sidomulyo dapat tertanggulangi,” imbuh Camat Candipuro itu.

Sementara Sekdes Beringin Kencana Mukhlis mendapingi Kepala Desa Beringin Kencana Dwi Kristanto, SE menjelaskan, adapun persiapan yang di siagakan di Pos pelayanan masyarakat yang sifatnya darurat, dilokasi berdekatan dengan Kantor Pos Sidomulyo itu diantaranya, dua unit laptop dan satu unit mesin printer.

” Tujuanya, guna memberikan kemudahan pelayanan bagi warga Beringin Kencana yang telah terdaftar sebagai KPM BST Kemensos RI , dalam mencetak surat keterangan untuk memperlancar pencairan dana BST bagi warga tidak mampu terdampak Covid-19,” terang Mukhlis.

Dikatakannya, sebanyak 450 kuota, warga tidak mampu terdampak Covid-19 didesanya yang akan menerima penyaluran bantuan pemerintah tersebut.

BACA :  Dua Kecamatan Tuntaskan Pembagian Sembako

Dimana ia membeberkan, 217 KPM BST dari Kemensos RI tahap pertama telah terealisasikan melalui Kantor Pos Sidomulyo.

Kemudian, penyaluran BST tahap pertama bagi 223 kuota KPM BST sisanya akan melakukan pencairan setelah idhul fhitri 1441 H, melalui Bank BRI.

” Sementara, untuk 223 warga tidak mampu terdampak Covid-19 di Desa Beringin Kencana akan menerima penyaluran dana BST setelah lebaran. Sebab, saat ini pihak Bank BRI baru memasuki proses pembuatan rekening bagi kebutuhan 223 warga yang telah terdaftar sebagai KPM BST oleh Pemerintah itu,” bebernya.

Untuk diketahui, tahap pertama penyaluran BST dari Kemensos RI itu, melalui Kantor POS Sidomulyo mulai dari Minggu17-18 Mei tahun ini, sementara telah menyasar 5 Desa di Kecamatan Candipuro yakni, Desa Titiwangi, Trimomukti, Banyumas, Batu Liman Indah dan Beringin Kencana.

Dan, untuk tiga desa lainya yakni, Desa Bumijaya, Cintamulya dan Karya Mulya Sari akan berlangsung pada Selasa 19 Mei mendatang dan berlanjut pada Rabu 20 Mei mendatang untuk 6 Desa lainya yakni, Desa Rantau Minyak, Rawa Selapan, Sidoasri, Sinarpalembang, Sinar Pasemah dan Waygelam. (CW2)