Candipuro Siap Menuju Swasembada WC 2017

818

CANDIPURO – Memiliki jamban sehat keluarga, masyarakat di Kecamatan Candipuro siap menyongsong swasembada WC pada tahun 2017. Untuk mencapai hal tersebut, Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro, menandatangani kesepakatan dan akan menganggarkan dananya melalui dana desa (DD).
Camat Candipuro, Affendi, SE yang diwakili Sekretaris Kecamatan, Madro’i, SH mengatakan, pogram sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) sudah dicanangkan di Kecamatan Candipuro. Sehingga salah satu program yakni pembuatan jamban sehat harus dapat terealisasi.
“Apa yang menjadi program dan manfaatnya sangat baik bagi masyarakat, harus kita dukung bersama. Haparan kami, apa yang telah disepakati bersama ini dapat tertuang dan terwujud dengan baik. Sehingga swasembada WC pada tahun 2017 dapat tercapai di Kecamatan Candipuro,”kata Madro’i, Jum’at (18/12).
Kepala Puskesmas Candipuro, Hi. Sunardi membenarkan, program STBM telah berjalan di beberapa desa dan akan dilaksanakan di desa lainnya. Ia berharap dukungan dari Kepala Desa agar program STBM dapat berjalan dan bermanfaat bagi masyarakatnya.
“Tanpa ada dukungan dari Kepala Desa dan juga masyarakat, hal ini tidak mungkin bisa tercapai. Mudah-mudahan adanya penandatangan komitmen bersama semua Kepala Desa se-Candipuro, ini akan mewujudkan swasembada WC seperti yang diharapkan,”kata Sunardi.
Sementara itu Staf SNV Lampung Selatan, Deddy Ahmad mengatakan, selain pendatanganan komitmen Kepala Desa dalam mendukung program STBM. Para kader Posyandu dan PKK diberikan pelatihan serta motivasi. Harapannya, mereka nantinya dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat, akan pentingnya kesehatan.
“Peranan penting bagi kader dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ini sangat penting dan mereka kita berikan motivasi agar tidak salah dalam menyampaikan program. Untuk anggaran pembuatan sanitasi, itu tergantung dengan kebutuhan atau kemampuan desa. Namun, harapan kami ini bisa berjalan dan fdapat tercapai apa yang diharapkan,”kata Deddu Ahmad. (gus)

BACA :  Radar Lamsel Work From Home