Candipuro Targetkan PAW Kades Rampung Desember

662
ILUSTRASI

CANDIPURO – Pemerintah Kecamatan Candipuro menargetkan dua desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kades Antar Waktu (PAW) rampung pada Desember ini.

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, dua desa yang akan memilih Kades PAW itu yakni Desa Cintamulya dan Rawaselapan. Beberapa calaon Kades sudah menjalani seleksi berkas dan akan dilanjutkan pada kriteria dan penilaian yang akan dilakukan oleh Otda.

Camat Candipuro Affendi, S.E mengatakan, diwilayah Candipuro ada dua desa yang akan melangsungkan pemilihan Kades PAW. Panitia seleksi kata dia, sudah pada tahap seleksi berkas sesuai dengan ketetapan peraturan desa yang baru.

“Untuk saat ini baru Cintamulya yang merampungkan seleksi berkas, sementara Rawaselapan masih belum rampung karena memang hanya dua calon saja,” kata Affendi kepada Radar Lamsel, Senin (19/12) kemarin.

BACA :  Tajimalela Bahas Pembangunan 2021

Dikatakannya, penentuan Kades PAW sebetulnya bisa ditentukan oleh perwakilan dari masyarakat dan pemangku kepentingan di desa tersebut. Namun melihat antusias dan permintaan warga agar melangsungkan pemilihan pungutan suara.

“Untuk Kades PAW bisa saja dilakukan secara musayawarah yang disepakati oleh pemerintah desa yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pemuda, hingga tokoh masyarakat,” terangnya.

Dikatakan Affendi, dengan antusias positif dari warga maka pemilihan Kades PAW digelar dengan penghitungan suara. Meski hanya melanjutkan pemerintahan Kades terdahulu namun nilai postif yang dapat diambil adalah “Perubahan untuk desa yang lebih baik,” tegasnya.

Orang nomor satu di Candipuro itu mengatakan targetnya untuk bisa merampungkan pemilihan Kades PAW pada akhir Desember mendatang. Sebab, kata Affendi kekosongan pemimpin desa harus segera diadakan agar roda pemerintahan kembali berjalan semestinya.

BACA :  Tiga Paslon Deklarasi Kampanye Damai!

Saat disinggung mengenai jumlah calon yang mendaftar di dua desa tersebut?, Affendi megatakan ada empat calon untuk Desa Cintamulya dan dua calon untuk Rawaselapan.

“Khusu Desa Cintamulya akan dilakukan seleksi, dalam hal ini akan dibantu oleh Otda karena lebih dari tiga calon yang mendaftar,” beber dia.

Lebih lanjut Affendi mengharapkan masyarakat dua desa tersebut dapat menjaga kondusifitas jelang pemilihan Kades PAW. “Untuk masyarakat agar tetap menjaga keharmonisan serta kondusifitas desa, karena ini hanya pemilihan PAW saja,” tandasnya. (ver)