Cegah Campak, PRI Penengahan Siapkan Imunisasi MR

555

PENENGAHAN – Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Rawat Inap (UPT PRI) Penengahan menyiapkan langkah strategis untuk mencegah penyakit campak dan rubella terhadap balita hingga remaja, yaitu dengan mengadakan imunisasi MR (Measles Rubella) bagi mereka yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun.

Menurut jadwal, pihak puskesmas akan melangsungkan kegiatan ini diseluruh desa yang dimulai dari Juli sampai Agustus mendatang. Tempat yang menjadi target imunisasi yaitu posyandu, PAUD, TK, SD dan SMP.

“Sekarang kami sedang pemantapan pelaksanaan, supaya imunisasi MR ini bisa berjalan dengan baik,” kata Syaiful kepada Radar Lamsel, Rabu (27/6) kemarin.

Dipilihnya Juni sebagai imunisasi awal sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pasalnya pada bulan ini masa liburan anak-anak yang bersekolah sudah habis.

“Sekarang masih libur, jadi kami masih ada persiapan sampai waktu masuk sekolah. Sedangkan pada Agustus, semuanya sudah aktif dan normal seperti biasanya,” jelasnya.

Pada pelaksanaannya, Syaiful mengatakan pihaknya akan mengirimkan 5 tim hingga 10 tim per hari ke lokasi yang dijadikan sasaran. Jumlah tim yang diturunkan memang terbilang banyak, karena sesuai dengan target imunasi yang mencapai 10.000 lebih periode dua bulan tersebut.

Tim, lanjut Syaiful, selama imunisasi akan memberikan vaksin terhadap anak-anak. Dia menegaskan vaksin itu wajib diberikan kepada anak-anak yang telah ditarget meski sudah diberikan vaksin sebelumnya.

“1 tim targetnya 120 orang, per hari maksimal kami akan kerahkan 10 tim. 1 titik yang ditargetkan harus selesai dalam 1 hari,” jelasnya. (rnd)