Cegah Penyakit, Budayakan Gotong Royong

179
Ist - Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta saat bergotong royong bersama staf kantor camat dan warga, kemarin.

TANJUNG BINTANG – Pemerintah Kecamatan Tanjungbintang langsung menggerakkan jajarannya dan masyarakat desa untuk gotong royong membersihkan lingkungan desa. Gerakan gotongroyong seluruh desa itu menindaklanjuti perintah Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto belum lama ini.

Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta mengatakan, sebetulnya gotong royong setiap hari Jumat dan Sabtu sudah digiatkan sejak lama namun tidak konsisten. “Kami ingin kembali menggiatkan gotong royong, memperhatikan lingkungan agar tercipta perkantoran yang sehat dan bersih,” tuturnya kepada Radar Lamsel, Minggu (17/2).

Ia menyampaikan, selain kebersihan lingkungan pihaknya juga menekankan kepada seluruh desa untuk bergotong royong dalam hal lain. “Gotong royong membantu warga yang kesulitan ekonomi juga kami tekankan,” katanya.

BACA :  Tahun Ini Kayu Kelapa Penyambung Dua Desa Beres

Hendri menambahkan, kebersihan lingkungan sekolah dan masjid juga menjadi perhatiannya. “Sekolah dan masjid juga wajib bersih-bersih setiap minggu, seharusnya setiap hari tetapi tidak ada setiap minggu,” ucap dia.

Pria yang juga Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Bintang itu mengaku selama ini sudah melakukan apa yang menjadi permintaan Plt. Bupati Lamsel tersebut. “Sebetulnya sudah lama, tetapi memang tidak rutin. Sekarang mau kami rutinkan lagi,” tegasnya. 

BACA :  Dibuatkan Drainase Sebelum Jalan Diperbaiki

Sementar itu, Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Bintang Darmawan mengatakan, membersihkan lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD). “Sebagai daerah endemis DBD memang perlu dilakukan pembersihan lingkungan seperti saat ini,” terangnya.

Apalagi sambung dia, fokusnya adalah sarang nyamuk seperti comberan dan genangan air di dalam rumah. “Nyamuk DBD itu biasanya ada didalam ruangan yang bersih tetapi genangan airnya ada, atau sarang nyamuknya banyak, jadi perlu dijaga ruangan dari genangan air itu,” pungkasnya. (Cw1)

BAGIKAN