Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Padang Manis Terapkan Protokol Kesehatan

47
Kepala Desa Padang Manis, Hendri Kurniawan menerima cinderamata dari Mahasiswa KKN mandiri di depan Balai Desa Padang Manis.
WAY LIMA – Pemerintah Desa Padang Manis, Kecamatan Way Lima terus berupaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di era New Normal dengan melakukan sosialisasi penerapan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat Desa Padang Manis serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan.
Kepala Desa Padang Manis, Hendri Kurniawan mengatakan, pemerintah desa setempat terus melakukan tindakan preventif seperti sosialisasi penerapan disiplin protokol kesehatan seperti menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah atau melakukan aktifitas sehari-hari diluar rumah.
“Penanganan Covid-19 di era New normal saat ini kami terus melakukan tindakan preventif di desa, seperti sosialisasi bersama perangkat secara berkelanjutan kepada masyarakat desa padang manis bahwa Covid-19 masih menyerang kita, maka penerapan disiplin protokol kesehatan itu harus diterapkan sesuai dengan anjuran pemerintah,” ujar Hendri saat di temui di Balai Desa Padang Manis, Senin (10/8).
Selain itu, kegiatan penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan setiap seminggu sekali bersama gugus tugas desa, membagikan masker kepada masyarakat dan bantuan BLT akan di salurkan menggunakan desa beserta bantuan lainnya untuk masyarakat Desa Padang Manis
“Fasilitas umum setiap seminggu sekali kita semprot disinfektan dan masih kita fasilitasi untuk protokol kesehatannya. Selain itu, masker masih kita bagikan, namun ada juga sebagian masyarakat secara mandiri membeli masker diluar karena mereka sadar betapa bahayanya Virus Corona ini. Kami juga akan menyalurkan bantuan BLT-DD yang bersumber dari dana desa sampai dengan bulan September nanti,” paparnya.
Selanjutnya, Hendri menghimbau kepada masyarakat desa khsusnya anak-anak dan golongan lansia tetap bisa menjaga imunitas tubuh dan menjaga diri dengan gerakan masyarakat sehat atau Germas serta tetap menjaga disiplin protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
“Antisipasi warga masyarakat lansia yang rentan penyakit tetap kita pantau dan evaluasi agar mereka menjaga imunitas tubuh agar virus Corona bisa kita tangkal sebaik-baiknya. Untuk masyarakat khususnya desa Padang manis harus tetap kita jaga disiplin protokol kesehatan dan secara pribadi kita harus menyadari bahayanya Virus Corona atau Covid-19 ini dan memproteksi diri dengan germas,” pungkasnya.
(eggy/esn)
BACA :  Pemdes Cimanuk Lanjutkan BLT-DD Tahap II