Cegah Stunting, Bentuk Posyandu Remaja

55
Gambar Ilustrasi

PALAS – Upaya pencegahan stunting di Kecamatan Palas terus digenjot oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Sragi dari tahun ke tahun.

Salah langkah pencegahan stunting yang akan dijalankan pada tahun 2021 yaitu pembentukan posyandu remaja di setiap desa. Ini menjadi salah satu langkah untuk mencegah stunting sejak dini.

Hal itu diutarakan oleh Kepala UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Rosmeli. Menurutnya upaya menekan angka stunting ini memang harus dilakukan sejak dini, salah satunya dengan membentuk posyandu remaja.

BACA :  235 Tanaman Hias Digasak Pencuri

“Pembentukan posyandu remaja ini, menjadi langkah kita untuk menekan stunting. Sebab pencegahan stunting ini harus dilakukan sejak dini,” ujar Rosmeli memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (14/10) kemarin.

Rosmeli menuturkan, saat ini posyandu remaja baru terbentuk di empat desa yang menjadi lokasi khusus (lokus) stunting. Yaitu, Desa Tanjung Sari, Bangunan, Palas Aji, dan Mekar Mulya. Namun kedepannya harus terbentuk di seluruh desa di Kecamatan Palas.

“Program pembentukan posyandu remaja ini juga sudah kita sampaikan di setiap gelaran musrenbangdes untuk tahun 2021. Karena untuk saat ini baru empat desa yang terbentuk,” ucapnya.

BACA :  Realisasi PBB di Palas Masih Rendah

Posyandu remaja ini juga menjadi wadah untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatah alat reproduksi kepada remaja. Serta mencegah terjadi pernikahan dini atau anak di bawah umur.

Rosmeli berharap dengan terbentuknya posyandu remaja ini bisa menekan angka stunting di Kecamatan Palas.

“Harapan program ini di tahun 2021 posyandu remaja ini sudah terbentuk di semua desa. Sehingga bisa mencegah terjadinya angka stunting di Kecamatan Palas,” harapnya. (vid)