Cegah Stunting, Camat Imbau Desa Bentuk RDS

784
David Zulkarnain – Pelatihan Pengembagan Sumber Daya Manusia (PSDM) untuk 42 Kader Pembangunan Masyarakat (KPM), di Kecamatan Palas , Kamis (27/6).

PALAS – Sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat desa dan mencegah stunting, Pemeritan Kecamatan Palas mengimbau pemerintah desa untuk membentuk Rumah Desa Sehat (RDS).

          Hal tersebut diutarakan oleh Camat Palas, Rika Wati, S.STP, MM saat memberikan sambutan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Aula Way Pisang kantor kecamatan setempat, Kamis (26/6).

          Rika mengatakan, pembentukan rumah desa sehat ini sebagai upaya untuk menangani masalah kesehatan masyarakat desa terutama utuk mencegah mencegah terjadinya stunting.

          “Rumah desa sehat atau RDS ini akan menjadi wadah yang dibentuk masyarakat dan untuk masyarakat, sebagai upaya pendekatan dalam menangani masalah kesehatan, khususnya menangani masalah stunting,” kata Rika kepada Radar Lamsel.

          Rika menerangkan, pembentukan rumah desa sehat ini harus mendapatkan dorongan dari pemerintah desa. Untuk itu ia mengimbau kepada pemerintah desa untuk menganggarkan pembentukan rumah desa sehat ini melalui dana desa (DD).

BACA :  UMKM di Palas Terima Bantuan Stimulus

          “Rumah desa sehat ini harus mendapat dorongan dari pemerintah desa. Apalagi program kegiatannya sudah bisa dianggarkan melalui DD. Maka dari itu saya mengaharapakan program rumah desa sehar ini sudah bisa berjalan di semua desa,” harapnya.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

          Sementara itu Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Program Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Lampung Selatan, Supriyadi sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut menerangkan, meskipun di Kecamatan Palas tidak memiliki desa stunting, namun rumah desa sehat ini harus berjalan di setiap desa.

          “Untuk di Palas memang tidak ada desa stunting, namun program rumah desa sehat ini haru tetap berjalan, karena selain untuk mencegah stunting, rumah desa sehat ini juga sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia,” pungkasnya. (vid)