Cegah Stunting, Tanjung Sari Bentuk Kader

33
Ist.Radar Lamsel – Sosialisasi pembentukan kelompok kerja di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Palas yang dilaksanakan oleh Koordinator Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana kecamatan setempat, Rabu (29/7).

PALAS – Upaya menghapus status stunting yang disandang Desa Tanjung Sari, Kecamatan Palas  terus dikuatkan oleh Koordinator Lapangan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kecamatan setempat. Pembentukan kader kelompok kegiatan juga tengah digencarkan di desa yang menjadi lokasi khusus (Lokus) Stunting di wilayah kecamatan penghasil pangan itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Koordinator Lapangan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kecamatan Palas , Sukaryadi  ketika menggelar sosialisasi di Kantor Desa Tanjung Sari, Rabu (29/7) kemarin.

Sukaryadi mengatakan, saat ini pihaknya terus mengoptimalkan pembinaan dan pembentukan kader. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka stunting di Desa Tanjung Sari.

BACA :  Pengidap Hidrosefalus Dapat Tali Asih

“Di pembinaan dan pembentukan kader ini terus kita optimalkan, selama bebera bulan ini. Hal ini agar angka stunting di Desa Tanjung Sari ini bisa kita tekan,” ucap Sukaryadi memberikan keterangan kepada Radar Lamsel usai menggelar sosialisasi tersebut.

Sukaryadi mengungkapkan, pada sosialisasi tersebut pihaknya juga membentuk kelompok kegiatan. Kelompok kegiatan yang dibentuk antara lain, kader Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan kader Bina Keluarga Lansia (BKL).

“Agar status desa stunting ini bisa cepat dihapuskan, dalam sosialisasi ini kami juga membentuk  tiga kelompok kerja yaitu, kader BKB, BKR, dan kader (BKL),” terangnya.

Ia menjelaskan, pembentukan kader di desa lokus stunting ini diharapkan meningkatkan pola asuh demi menekan angka stunting. “Fungsing agar ada peningkatan pola asuh mulai dari remaja, balita, hingga lansia yang lebih baik lagi. Sementara di Desa Bangunan, Palas Aji, dan Mekar Mulya yang juga lokus stunting akan dibentuk tahun depan,” sambungnya.

BACA :  BPN Dinilai Lambat Tangani Sengketa

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Sari Jarwono mengharapkan, dengan adanya pembentukan kader ini desa bisa terlepas dari status stanting pada tahun 2020 ini.

“Iya kita juga terus menggiatkan pembinaan lewat kader-kader dengan harapan, Desa Tanjung Sari bisa terlepas dari status stunting pada tahun ini,” harapnya. (vid)