Cegah Virus Corona, PRI Ketapang Cek Kesehatan 8 Warga Baru Pulang dari Luar Negeri

327
KETAPANG – Virus Corona kini mulai hangat dibicarakan setiap kalangan. Mulai tingkat elite dan masyarakat. Pasalnya, virus Covid 19 kini sudah masuk ke Indonesia dan ditemukan kasusnya dibeberapa daerah di tanah air. Bahkan virus mematikan itu membuat sebagian masyarakat mulai was was.
Masuknya virus Corona ke Indonesia langsung ditanggapi serius oleh pemerintah dengan memperketat pemeriksan keluar masuknya warga negara Indonesia (WNI) dan warga asing ke Indonesia. Selain itu, pemerintah juga mempersiapkan rumah sakit rujukan untuk mengecek kesehatan warga yang diduga terkena penyakit virus asal China itu.
Di Lampung Selatan sendiri, pemerintah menunjuk RSUD Bob Bazar Kalianda menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien yang diduga terkena penyakit virus Corona.
Terkait boomingnya kasus virus Corona itu, Dinas Kesehatan Pemkab Lamsel melalui Puskesmas setiap kecamatan untuk meningkatkan kewaspadaan dan memantau warga yang baru pulang dari luar negeri.
Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Ketapang misalnya. Petugas kesehatan itu telah mengecek dan memantau delapan orang warga yang baru pulang dari luar negeri.
Kepala PRI Kecamatan Ketapang Samsu Rizal,Amd.Kep mengatakan, dalam rangka pencegahan terjadinya kasus COVID 19 ( corona virus 19 ) di wilayah Kecamatan Ketapang pada priode Januari sampai awal Maret 2020 telah memantau sebanyak delapan orang warga yang baru pulang dari luar negeri.
“Kami sudah pantau sampi dua minggu dan di nyatan sehat karna tidak ada penanda sakit batuk pilek, demam atau penanda sakit yang lain,” kata Samsu Rizal.
Samsu Rizal menambahkan, untuk mewaspadai dan mencegah kasus virus Corona di Ketapang, pihaknya secara rutin memberikan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Kami jadwalkan penyuluhan PHBS dengan membiasakan  cuci tangan pakai sabun di air mengalir (CTPS 6 langkah ), etika batuk, menjaga pola makan dan minum,” pungkasnya.(man)