Coklit Pemutakhiran Data Pemilih Capai 74 Persen

108
Foto Ilustrasi Coklit
GEDONGTATAAN – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PDP) di Kabupaten Pesawaran telah mencapai 74,43 persen dari keseluruhan pemilih A.KWK yang ada.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugiono menjelaskan, jika dari jumlah total A.KWK 335.184, maka sebanyak 286.687 telah dilakukan proses coklit di 11 kecamatan.
“Proses Coklit di minggu ke-3 telah berjalan 74,43 persen secara keseluruhan, dan kita usahakan sebelum tanggal 13 Agusuts telah selesai 100 persen,” kata Yatin, Selasa(4/8).
Menurut Yatin, proses coklit yang dilaksanakan door to door sejauh ini tidak terjadi kendala yang berarti, meski Petugas PDP sangat berhati-hati dalam pelaksanaan coklit.
“Memang ada beberapa kendala seperti petugas PPDB mendatangi rumah, namun pemilik sedang tidak ada bahkan ada yang masih di pulau jawa masih bekerja. Disisi lain ketelitian dalam pengecekan harus menjadi hal yang utama, salah satunya alamat yang ada di KTP maupun nomor NIK harus sesuai dengan yang tertera,” ungkapnya.
Selanjutnya Yatin menghimbau kepada masyarakat yang masih berada diluar daerah telah disiapkan contact person yang bisa dihubungi saat pelaksaan coklit. Sehingga masyarakat yang sedang berada diluar daerah dapat terdata oleh petugas.
“Untuk masyarakat yang diluar daerah masih bisa menggunakan hak pilih, dengan cara menghubungi nomor yang sudah disediakan sebab tidak ada masalah meskipun diluar daerah tetap bisa melakukan hak pilihnya. Namun dengan catatan mereka tidak berpindah domisili,” tandasnya. (arl/esn)
BACA :  Debat Kandidat Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Adu Visi Misi