Dampak Gempa di Pesibar tak Merambah ke Lamsel

614

KALIANDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Lampung Selatan mengklaim gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) sekitar pukul 10.44 WIB kemarin pengaruhnya tak merambah di Lamsel.

Kepala BPBD Lamsel I Ketut Sukerta mengamini terjadinya gempa di bagian barat provinsi Lampung itu. Informasi tersebut kata Sukerta, didapat dari BMKG Lampung.

“ Gempa memang terjadi di Pesibar, hingga pukul 18.00 (tadi malam ‘red) tak ada info lanjutan dari BMKG, yang jelas apabila bicara data mudah-mudahan tak ada pengaruhnya ke Lamsel,” sebut Sukerta kepada Radar Lamsel, Kamis (23/8) kemarin.

Dijelaskannya, jarak antara Pesibar – Lamsel cukup jauh sekitar 250 kilometer. Berdasar data tersebut, Ketut Sukerta memaparkan kecil kemungkinan dampak gempa bisa merambah Lamsel.

BACA :  Sembilan Ketua PK Golkar Mengaku ’’Caper’’

“ Artinya kita tidak mendahului kehendak yang maha kuasa, sejauh ini masyarakat tak perlu cemas atau was-was kami masih komunikasi terus dengan BMKG,” terangnya.

Lebih jauh Ketut Sukerta menjelaskan, kalaupun gempa 5,5 SR tersebut dapat menimbulkan dampak, maka secara teritorial daerah yang berdekatan dengan Pesibar yang terdampak.

“ Garis teritorial kita berada cukup jauh dari ujung ke ujung, kami himbau masyarakat tak perlu khawatir tetapi harus tetap waspada dan sigap selalu,” ucapnya.

Masih kata Sukerta, khusus wilayah pesisir pantai jalur evakuasi sudah disdiakan apabila terjadi gempa yang berpotensi tsunami. Artinya kata dia, antisipasi awal sudah dilakukan sejak lama.

BACA :  Ikuti Prokes, Atau Dibubarkan Polisi

“ Kita minta jauh dari bencana, tetapi tidak lantas tutup mata juga. Jalur evakuasi khusus di wilayah pantai sudah terpampang didesa- desa,” terangnya.

Pemetaan wilayah rawan bencana pun kata Sukerta, sudah dipetakan. Dari mulai kategori rawan banjir hingga wilayah berpotensi tsunami sudah mulai dipetakan. “ Kalau itu sudah kami petakan sejak diinstruksikan oleh pak Nanang Ermanto,” tandasnya.

Diketahui, titik gempa yang terjadi diluar Lamsel itu berada di koordinat 6,51 Lintang Selatan (LS) dan 103,44 Bujur Timur (BT) berpusat di 156 kilometer Barat Daya (BD) Pesibar dan berjarak 250 kilometer dari Lamsel. (ver)