Dan Nanang pun Dilantik

162
Ist – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Nanang Eramnto menjadi Bupati Lamsel, begitu juga Winarni yang disumpah Riana Sari Arinal menjadi Ketua TP PKK Lamsel dan Dekranasda.

BANDARLAMPUNG – Jalan panjang nan berliku berhasil dilalui H. Nanang Ermanto. Embel-embel Pelaksana tugas (Plt) itu akhirnya hilang. Dan Nanang pun dilantik sebagai Bupati Lamsel menggantikan Zainudin Hasan.

Sebelum disumpah oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Balai Keratun, dinamika yang dilalui Nanang cukup variatif. Jalan terjal mulai dari musibah tsunami yang melumpuhkan kabupaten ini, alotnya paripunra usulan pengangkatannya hingga tiba di musibah covid-19.

Nanang Ermanto yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Lampung Selatan ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati selama sekitar satu tahun delapan bulan sejak menerima SK pada 3 Agustus 2018.

Pelantikan Nanang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-766 tanggal 30 April tahun 2020, tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Lampung Selatan di Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung, Arinal Djunadi menyebut, pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Baru saja kita saksikan bersama pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Lampung Selatan dalam suasana Covid-19,” ujar Arinal mengawali sambutannya di Balai Keratun, Selasa (12/5).

Dalam sambutannya, Arinal juga berpesan kepada Nanang agar menjadi pemimpin yang amanah sesuai dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan.

“Saya berharap saudara Bupati Lampung Selatan dapat menjalankan wewenang dengan baik dan menyelesaikan dengan penuh tanggungjawab,” kata Arinal.

Selain itu, Arinal juga menitipkan wilayah Lampung Selatan yang merupakan pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai Covid-19.

“Saat ini pemudik luar biasa, walaupun sudah ada larangan tetapi tetap berjalan terus. Untuk itu saya berharap kerja keras saudara bupati dalam mencegah Covid-19 demi Provinsi Lampung dan Indonesia,” pungkasnya.

Setelah H. Nanang Ermanto resmi dilantik sebagai bupati, secara otomatis Hj. Winarni Nanang Ermanto juga dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan sisa masa jabatan 2016-2021.

Winarni dilantik langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal di Gedung Balai Keratun, Lantai III, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (12/5/2020).

Bersamaan dengan itu, Winarni juga resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan.

Riana Sari Arinal mengucapkan selamat dan sukses kepada Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto yang telah dilantik.

“Semoga dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu membantu mewujudkan visi misi serta menyelesaikan pekerjaan rumah Bupati Lampung Selatan di sisa masa jabatan 2016-2021,” ujar Riana Sari Arinal.

Selain itu, ada sejumlah pesan yang disampaikan Riana Sari Arinal. Ia mengharapkan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan dapat menciptakan inovasi dan terobosan dalam upaya pemulihan dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19.

“Ini tantangan yang akan kita hadapi dalam waktu dekat. Tentu tidak mudah, tetapi dengan sinergi, semangat, dan kerja keras bersama, kita akan bisa mengatasi ini semua,” imbuhnya.

Kemudian, Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan juga diminta melakukan intervensi terhadap lini kesehatan terutama dalam menangani masalah stunting di daerah setempat.

“Karena angka prevalansi stunting yang cukup tinggi, saya minta program pencegahan dan penanganan stunting yang terintegrasi berbasis desa dengan mengoptimalkan Tim Penggerak PKK kecamatan, desa dan dasawisma serta sinergi antar OPD dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Disamping itu, nantinya dengan jabatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan mampu menjalankan tugas pemberdayaan serta peningkatan terhadap kesejahteraan keluarga khususnya masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

“Penanggulangan kemiskinan dengan memprioritaskan pemberdayaan ekonomi keluarga melaui usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga serta pembinaan kepada usaha kerajinan masyarakat menjadi satu hal yang harus dilakukan secara terintegrasi oleh Tim Penggerak PKK, Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan,” pesannya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dalam kesempatan itu berharap Ketua Tim Penngerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan senantiasa bekerja dengan baik dalam memajukan organisasi.

“Sumpah janji yang diucapkan hari ini adalah sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan keikhlasan untuk menata dan memajukan organisasi serta senantiasa membangun kemiteraan bersama semua pihak,” kata Nanang.

Nanang juga mengatakan, Ketua Tim Penggerak PKK harus dapat menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks dengan bekerja keras dan menciptakan inovasi dan peluang usaha, khususnya bagi kaum perempuan dalam bentuk usaha ekonomi kreatif.

Sebab menurutnya, dengan terciptanya peluang usaha ekonomi kreatif diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup keluarga dan masyarakat sekitar.

“Oleh karena itu, Tim Penggerak PKK dan Dekranasda harus benar-benar berjuang keras dalam memajukan organisasinya. Bekerja dengan sebaik mungkin, ciptakan inovasi baru demi peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Sementara, acara pelantikan tersebut dilakukan sesuai protokol pencegahan Covid-19. Tamu yang diundang pun terbatas. Dari pantauan tamu undangan provinsi hanya dihadiri anggota Forkopimda dan Sekretaris Daerah serta Ketua TP PKK Provinsi Lampung.

Sedangkan, dari Kabupaten Lampung Selatan, turut hadir Ketua DPRD H. Hendry Rosyadi, SH, MH, Kapolres AKBP Eddie Purnomo, Dandim 0421 Letkol Kav Robinson Oktovianus Bessie, Kajari Hutamrin, SH, MH, Ketua PA Dra. Hj. Jubaidah, SH, MH serta Kalapas Dr. Tetra Desorie Imantoro. (rls)