Data Seluruh Hewan Kurban

534

SRAGI – Pemerintah Kecamatan Sragi menghimbau aparatur desa melakukan pendataan hewan kurban. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Sragi Bibit Purwanto pada rapat koordinasi kecamatan (Rakorcam), di Desa Kuala Sekampung, Rabu (8/8) kemarin.

Bibit mengatakan, pendataan tersebut dilakukan untuk mempermudah melakukan pemeriksaan hewan kurban warga sebelum disembelih. “Pendataan ini untuk mempermudah pemeriksa kesehatan hewan kurban milik warga,” kata Bibit kepada Radar Lamsel.

Bibit menerangkan pemeriksaan hewan kurban akan akan dilakukan oleh petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Pelayanan Kesehatan  Hewan (Puskeswan) Kecamatan Palas – Sragi.

BACA :  Petambak Swadaya Normalisasi Parit

“Dengan adanya pendataan ini seluruh kurban akan terpantau kesehatannnya, sehingga tidak ada hewan kurban sakit yang dapat membahayakan warga,” ucapnya.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha UPT Puskeswan Kecamatan Palas – Sragi Wartono mengungkapkan, pemeriksaan ini dilakukan itu menghindari kemungkinan hewan kurban terkena penyakit yang diwaspadai seperti penyakit cacing hati.

BACA :  Ayam Bantuan Mati, Diganti Ayam Pilek

“Pemeriksaan ini untuk menghindari hewan yang terkena penyakit cacing hati. Maka dari itu kepada warga kami mengimbau untuk melapor, supaya hewan kurbanya dapat kami periksa,” tuturnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Wartono juga mengajak masyarakat yang memiliki hewan ternak sapi agara terdaftar Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). “Saat di Kecamatan Sragi masih sedikit yang terdaftar, saya harap aparatur desa dapat mengajak masyarakatnya untuk daftar AUTS,” imbuhnya. (Cw1)