DD Sudah Cair, Talangjawa Tak Ada Kegiatan

519
Veridial – Beginilah kondisi infrastruktur jalan di Desa Talang Jawa Kecamatan Merbau Mataram, warga setempat mengaku hingga kini belum ada tanda-tanda pembangunan, begitupun pemberdayaan masyarakat yang tak kunjung direalisasikan, kemarin.

BPD dan TPK Akui Belum Ada Realisasi DD, Kades Akui Agustus Sudah Selesai

MERBAUMATARAM – Warga Desa Talang Jawa Kecamatan Merbau Mataram kebingungan. Itu lantaran tak ada realisasi pembangunan dari Dana Desa (DD) 2017 tahap I oleh aparatur desa.

Dari keterangan warga, hinga 13 Agustus 2017 ini tak ada kegiatan apapun. Baik itu kegiatan pembangunan maupun pemberdayaan. “Warga tahu kok ada DD, tapi kenapa di Talang Jawa belum ada pembangunan,” ujar Sudiro (40) warga Desa TalangJawa kepada Radar Lamsel, Minggu (13/8) kemarin.

Padahal sambung Sudiro, pencairan DD tahap I diketahui sudah bisa direalisasikan pembangunannya. Mengingat kata dia, desa-desa lain sudah hampir selesai pengerjaannya. “Kalau TalangJawa, belum ada mas sampai detik ini,” beber dia.

Ayah tiga orang anak ini melanjutkan, hanya ada bebatuan yang tertumpuk di Dusun Margajaya. “Cuma meterial batu saja yang ditumpuk disepanjang jalan tanah. Alih-alih menginginkan cor beton, wong lapen saja nggak ada wujudnya,” terangnya.

Sementara itu Ketua Badan Pemrmusyawaratan Desa (BPD) TalangJawa Rohadi membenarkan sejauh ini belum ada realisasi dari gelontoran DD tahap I. Dikatakannya, BPD sudah berkali-kali melayangkan surat teguran agar DD segera direalisasikan secara fisik utamanya infrastruktur jalan.

BACA :  Diduga Begal, Dua Pemuda Dihajar Massa

“Saya nggak bisa ngomong banyak mas, sudah tiga kali BPD melayangkan teguran kepada Kades Haryono tapi ya nggak ada kejelasan,” ujarnya.

Meski terkesan sedikit gugup saat dilontarkan sejumlah pertanyaan mengenai pembangunan serta pembinaan masyarakat dari DD tahap I, Rohadi akhirnya buka suara. Belakangan sudah banyak warga yang mempertanyakan kapan pembangunan akan dimulai.

“Tugas saya hanya BPD mas, dan sejauh ini BPD belum menandatangani apapun terkait rencana pembangunan yang diajukan oleh aparat desa,” kata Rohadi.

Saat ditanya prihal Uang DD, Rohadi mengatakan dari sumber yang dipercayainya rekening DD Talangjawa sudah Rp 0,-. “Soal rekening yang sudah Rp 0,- saya nggak berani menjawab lebih dalam mas. Yang penting sudah kami tegur beberapa kali. Kalau masih nggak digubris ya terserah,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) TalangJawa Sumari. Dijelaskannya, tak ada instruksi apapun dari Kades terkait pembangunan. Bahkan diakuinya TPK TalangJawa tak mengerjakan apapun sejak pencairan DD tahap I yang dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri lalu.

BACA :  Video Camat Bakauheni Tunggu Kajian Bawaslu

“TPK kan suaranya saja mas. Mas bisa lihat sendiri kok ada nggak realisasi fisik di Dusun Tasik Madu dan Margajaya. Karena dua dusun itu yang rencananya akan dibangun,’ ujar Sumari.

Pantauan Radar Lamsel bersama Ketua BPD Talangjawa Rohadi, di Dusun Margajaya dan Dusun Tasikmadu memang tak ada tanda-tanda akan dilakukan pembangunan hanya terlihat beberapa tumpukan batu yang diklaim akan dibangun jalan onderlagh.

Sementara Kepala Desa Talangjawa Haryono menanggapi dengan santai meski tak ada pembangunan serta pemberdayaan yang telah direalisasikan. Haryono bahkan tak malu menargetkan pembangunan rampung sebelum Agustus 2017 berakhir.

“Rencananya akan kami bangun rabat beton di tiga dusun, panjangnya 900 meter. Kalau nggak percaya silahkan cek sendiri kelapangan,” ujar Haryono saat ditemui dikediamannya.

Saat ditanya kapan rencana pembangunan dimulai? Haryono tak dapat memastikan. “Kalau untuk kapannya ya kita tunggu saja mas, yang jelas Agustus ini sudah rampung semua baik onderlagh maupun rabat betonnya,” ketusnya. (ver)

 

 

BAGIKAN