DD Tahap 3 Cair Awal November

558
GEDONGTATAAN – Penyaluran 40 persen Dana Desa tahap ke 3 sebesar Rp. 53, 65 miliar rencananya akan direalisasikan paling lambat awal November mendatang. Hal ini menyusul telah diserahkannya laporan realisasi penggunaan DD tahap 2 oleh 144 desa di Pesawaran.
“Saat ini laporan realisasi dana desa tahap dua tengah kita input. Mudah-mudahan akhir Oktober atau paling lambat awal November sudah bisa di realisasikan,” ungkap Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pesawaran Zuriadi kemarin.
Ditambahkan Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Jenny Ricardo bahwa, 144 desa sudah menyerahkan laporan realisasi penggunaan 40 persen dana desa tahap ke 2. Dimana total DD untuk 144 desa se-Pesawaran pada Tahun Anggaran 2018 mencapai Rp. 134,135 miliar. Dan mekanisme penyaluran DD dilaksanakan dalam 3 termin yakni 20 persen tahap pertama, tahap ke 2 dan tahap ke 3 dengan masing-masing 40 persen.
“Kalau mekanisme penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD yakni 40 persen   untuk masing-masing tahap pertama dan kedua dan 20 persen tahap ke 3,” jelasnya.
 
Menurut Jenny, pada prinsipnya semua penggunaan APBDes  pada tahun berjalan dan pada tahun itu juga akan disusun dalam bentuk laporan keungan desa,  laporan pertanggungjawaban, dan laporan pertanggungjawaban tahunan. 
“Mekanisme penyaluran DD yakni melalui pemerintah ke KPPN provinsi. KPPN yang akan memverifikasi berkaitan dengan laporan realisasi penggunaan dana desa tersebut,” ujarnya.
Setelah laporan realisasi  dilakukan verifikasi serta validasi dan dinyatakan lengkap, lanjut Jenny, selanjutnya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Provinsi Lampung akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi tersebut ke Kementerian Keuangan.
“Checkingnya anggaran DD kalau sudah masuk apa belum ke rekening daerah itu juga peran dari KPPN. Karena apabila laporan realisasi DD dinyatakan oleh KPPN belum lengkap, maka akan dikembalikan ke pemda agar dilengkapi. Baru kemudian kalau sudah valid, barulah anggaran tersebut akan di transfer oleh kementerian ke rekening daerah dan ditransfer ke rekening masing-masing desa,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  BPS Pesawaran Rekrut Petugas Sensus Penduduk
BAGIKAN