DD Tahap Ketiga Cair, Asalkan 200 Desa Susun Persyaratan

419

127 Desa Sudah Cairkan ADD Tahap Ketiga

KALIANDA – Dana Desa tahap ketiga 2018 untuk Lampung Selatan belum dapat dicarikan. Sebab, dari 256 desa baru 150 desa yang menyusun proposal pencairan tahap ketiga 2018.

Meski begitu, sebagian desa bisa bernafas lega. Itu setelah adanya kepastian pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga 2018 terhadap 127 desa di kabupaten ini.

Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamsel M. Iqbal Fuadn mengatakan, baik ADD dan DD ditahap ketiga belum mencapai seratus persen.

“ Kalau untuk ADD baru 50 persen lebih desa yang sudah mencairkan. Sementara untuk DD anggarannya masih di pusat pencairannya tergantung pergerakan desa menyusun persyaratan,” kata Iqbal kepada Radar Lamsel, Minggu (14/10).

BACA :  Ratusan Warga Binaan Dapat Asimilasi

Iqbal melanjutkan, syarat mutlak untuk segera mencairkan DD tahap ketiga apabila sudah 200 desa menyusun persyaratan. Sementara lanjutnya sejauh ini baru sekitar 150 desa yang sudah mengajukan persyaratan.

“ Baru 150 desa yang menyusun persyaratan ke DPMD Lamsel, artinya masih perlu 50 desa untuk menggenapkan menjadi 200 desa agar pencairan bisa dilakukan secara serentak,” kata dia.

Masih kata Iqbal keberadaan anggaran yang berada di pusat menyebabkan daerah tak dapat berbuat banyak selain memenuhi kelengkapan berkas. Dengan kata lain apabila desa lamban dalam menyusun laporan maka berdampak pada pencairan DD tahap ketiga.

“ Anggaran DD itu berada dipusat, maka kalau desa lamban dalam menyusun laporan dipastikan pencairan juga menemui hambatan. Paling tidak 200 desa dari 256 desa sudah mengajukan perysaratan terlebih dahulu,” urainya.

BACA :  Lapas Kalianda Gelar Sidang Daring

Lain cerita dengan ADD, Iqbal menerangkan ADD yang berada didaerah masih dimungkinkan untuk dicairkan terhadap desa-desa yang sudah memenuhi persyaratan.

“ Sejauh ini kami pastikan 127 desa sudah mencairkan ADD, sisanya akan segera menyusul selama persyaratan sudah terpenuhi desa sudah dapat mencairkan ADD,” sebut dia.

Iqbal menegaskan, pencarian ADD sudah 50 persen lebih. Terkait desa yang belum mencairkan ADD kata dia itu hanyalah masalah keterlamabatan pelaporan saja. “ Untuk ADD hanya persoalan administrasi saja, pada prinsipnya ketika laporan lengkap ADD dapat dicarikan,” terangnya. (ver)