Deklarasi ODF dan Makan Telur Bereng Ribuan Anak

109

Peringatan HKN ke-55

NATAR – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun yang dipusatkan di Desa Pancasila Kecamatan Natar, berlangsung meriah. Kemeriahan ditandai berbagai acara mulai dari jalan sehat, senam bersama hingg makan telur bersama seribu anak-anak.

Perwakilan dari Kementrian Kesehatan DR. Imran, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung DR. dr. Reihana, Direktur SNV sekaligus perwakilan dutabesar Belanda untuk Indonesia Mrs. Maria, Dandim Lampung 0421/Lampung Selatan Letkol Cav Oktavianus Robinson Bessy, Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo.

Kepala Dinkes Lamsel dr. Jimmy Hutapea mengatkan HKN ke-55 tahun kali ini juga diisi dengan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) secara serentak se-Kabupaten Empat Lawang. “Selain memperingati HKN ke-55, kami juga mendeklarasikan diri sebagai kabupaten yang telah bebas dari BABS,” ungkapnya saat konfrensi pers di Desa Pancasila.

BACA :  Gali Potensi di Tengah Pandemi

Plt. Bupati Lamsel H Nanang Ermanto menambahkan, perjuangan mencapai ODF tak lepas dari semangat dan dedikasi tinggi dari seluruh Kepala Puskesmas, Camat, Kades dan yang terpenting adalah kader-kader STBM. “Pencapaian ini sangatlah luar biasa, kerja keras dinas kesehatan dua tahun terakhir akhirnya membuahkan hasil. Saya secara pribadi mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam hal ini,” tuturnya.

BACA :  Gotong Royong Kunci Cegah Stunting

Menurut dia, deklarasi ODF merupakan langkah awal dari pemenuhan lima pilar Sanitas Total Berbasis Masyarakat (STBM). “Harus kita pahami bersama juga bahwa ODF ini merupakan langkah awal dalam rangka memenuhi standar hidup sehat di Kabupaten Lamsel, baru akan dilanjutkan dengan empat pilar lainnya,” tuturnya.

Selain peringatan HKN, acara yang juga menyediakan pelayanan langsung kepada masyarakat itu juga dibarengi dengan pencanangan swasembada gizi serta peringatan hari ibu ke-91 tahun. (adv)