Deklarasi Pilkada Aman dan Damai Pesawaran Bebas Covid-19 dan Politik Uang

37

GEDONGTATAAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran menggelar Deklarasi Aman dan Damai Pilkada Pesawaran 2020 di Museum Transmigrasi Provinsi Lampung, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Kamis (25/9).

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando mengatakan, deklarasi Pilkada damai dan aman untuk menegaskan komitmen bersama pelaksanaan Pilkada yang sesuai dengan ketentuan undang-undang, menegakan kedaulatan rakyat dengan memilih secara langsung tanpa politik uang dan bebas dari Covid-19.

“Tidak bisa kalau tidak melibatkan semua pihak dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini, butuh komitmen dari semua elemen agar bergandengan tangan dalam Pilkada di bumi Andan Jejama menyukseskan Pilkada 2020 yang aman tanpa politik uang dan bebas dari Covid-19,” ujar Ryan.

Sementara Kapolres Pesawaran, AKBP Vero Aria Radmantyo menegaskan dalam pelaksanaan Pilkada harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan menjaga kondusifitas agar tidak terjadi klaster Pilkada di Kabupaten Pesawaran.

BACA :  Bapenda dan Pol PP Tertibkan Obyek Pajak

“Sesuai arahan dari bapak Presiden jangan sampai terjadi klaster Pilkada di Kabupaten Pesawaran, sudah ada sanksi bagi pelanggar seperti sanski KUHP, Undang-Undang kesehatan wabah menular salah satunya dalam pasal 14,” tegas Kapolres.

Kapolres menambahkan, untuk menjaga keamanan dan kondusifitas dilapangan, TNI-POLRI akan melakukan upaya pengamanan seluruh TPS dan bekerjasama dengan Pemda Pesawaran dengan membuat rumah isolasi setiap desa.

“Disetiap desa nanti ada rumah isolasi untuk melakukan upaya pemeriksaan antisipasi adanya masyarakat yang terindikasi Covid-19. Semua pihak baik penyelanggara dan peserta Pilkada kami himbau untuk bisa menjaga kondusifitas mendukung deklarasi Pilkada damai dan aman untuk berkomitmen menciptakan Pilkada damai, aman dan sehat,” ucap Kapolres.

Senada, Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Kav Robinson Octavianus Bessie diwakili Pabung 0421/Lampung Selatan Kapten Infantri Sugeng Pamuji mengatakan, TNI siap mengamankan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pesawaran 2020 bersama dengan Polri.

BACA :  Satlantas Polres Pesawaran Siapkan Skenario Atasi Kemacetan Jalur Wisata

“TNI akan siap selalu bersama Polri untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada menjaga kondusifitas dilapangan agar tercipta suasana damai, aman dan sehat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Deklarasi Pilkada damai diantaranya Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran, M.Nasir-Naldi Rinara dan Dendi Ramadhona-Marzuki , ketua partai politik pengusung, Sekda Pesawaran Kesuma Dewangsa, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Ketua Bawaslu Pesawaran Ryan Arnando, Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinson Octavianus Bessie diwakili pabung Kapten Infantri Sugeng Pamuji, Kepala Kejari Pesawaran Tina Mawati BR Saragih, dan ketua lembaga media pers Pesawaran. (eggy/esn)