Desa Bakti Rasa Targetkan Tiga Besar Ajang Lomba Desa

801

SRAGI – Desa Bakti Rasa Kecamatan Sragi optimis dapat meraih gelar juara diajang lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan 2018, Selasa (20/2).

Pada ajang lomba desa itu juga menampilkan berbagai olahan pangan dan kerajinan tangan. Desa Bakti Rasa juga menampilkan seni budaya seperti tari sembah, tari jaipong, kuda lungping serta pencak silat.

Ketua Tim Penilaian Sekretaris H. Bambang Suyono, S.Pd. Mm.I dalam sambutannya mengatakan lomba desa ini dilaksanakan untuk melihat tahapan, perkembangan dan keberhasilan desa dalam membangun desanya dari berbagai aspek. Dalam lomba desa ini, terang Bambang, ada tiga indikator yang dilihat oleh tim penilai.

BACA :  52 Persen Poktan Sudah Susun e-RDKK

“Kami datang melaksanakan amanat Keputusan Mentri Dalam Negeri no.414.4/432 26 Januari 2018. Payung hukumnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no.81 2015, yaitu tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Untuk penilaianya ada tiga indikator yang masing-masing terdiri dari lima item,” ujarnya.

Kepala Desa Bakti Rasa Edi Siswanto dalam pemaparannya mengatakan terpilihnya Desa Bakti Rasa sebagai wakil dalam ajang lomba desa tak lain dari kinerja pemerintahan Desa Bakti Rasa.

“Kami sudah menciptakan Bakti Rasa yang kompak, dinamis serta mandiri. Selain itu fasilitas mulai dari pendidikan, kesehatan, dan keamanan sudah mumpuni. Kami optimis pada tahun ini Desa Bakti Rasa bisa meraih juara,” kata dia.

BACA :  Ribuan Hektar Sawah Diintai Banjir

Sementara Camat Sragi Bibit Purwanto menerangkan Desa Bakti Rasa cukup memiliki potensi terutama di bidang pemerintahan.

“Untuk pemerinthan Bakti Rasa cukup solid. Hanya saja dalam inovasinya perlu dikembangkan. Harapan saya Desa Bakti Rasa bisa jadi juara paling tidak urutan tiga besar,” pungkasnya.

Acara penilaian yang dilangsungkan di halaman kantor Desa Bakti Rasa dihadiri seluruh Unsur Pimpinan Kecamatan Palas (Uspika) dan masyarakat serta tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lampung Selatan. (Cw1)