Desa Batu Raja Salurkan BLT-DD Tahap Pertama

48
Kepala Desa Batu Raja, Amrullah saat menyampaikan sambutan dalam rangka kegiatan penyaluran BLT-DD di Balai Desa Batu Raja, Kecamatan Way Lima
WAY LIMA – Pemerintah Desa Batu Raja, Kecamatan Way Lima menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Pertama di Balai Desa Batu Raja, Kamis (25/6).
Kepala Desa Batu Raja, Amrullah mengatakan bahwa kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 sebanyak 164 KK dengan kriteria sesuai dengan aturan yang ditentukan dan berdasarkan musyawarah desa (Musdes) bersama dengan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat setempat.
“Mereka yang menerima BLT-DD merupakan masyarakat terdampak Covid-19, sesuai dengan aturan perbup dan permendes yang ada . Mereka ini yang tidak menerima bantuan sosial lainnya seperti PKH, BST Kemensos maupun BPNT. Kita salurkan kepada 164 KK dari total 639 KK di desa Batu Raja untuk tahap pertama berdasarkan musyawarah Kepala Desa bersama dengan BPD dan tokoh masyarakat,” ujarnya.
Ditambahkan Amrullah, dana yang di salurkan untuk 164 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui rekening bank BRI penerima BLT-DD untuk dua bulan sejumlah Rp.1.200.000 per KPM dengan total BLT-DD yang disalurkan sebanyak 30 persen dari pagu anggaran yang berasal dari Dana Desa tahap pertama.
“Sesuai dengan permendes dana yang disalurkan senilai 30 persen dari pagu anggaran dana desa. Saya juga telah menegaskan dan perintahkan untuk seluruh aparatur desa sampai ke Ketua RT dan Kadus agar tidak memotong satu rupiah pun bantuan kepada penerima BLT-DD ini,” tandasnya.
Sementara itu, Camat Way Lima, Syukur Saliyak S.Ag MM mengatakan penerima BLT-DD ini harus sesuai dengan 14 item kriteria persyaratan yang ditentukan pemerintah, seperti masyarakat yang lemah perekonomiannya akibat terdampak Covid-19. Dan berharap kondisi pandemi Covid-19 secepatnya berlalu dan kembali seperti semula berjalan dengan normal.
“Penerima BLT-DD ini harus sesuai dengan 14 item kriteria persyaratan yang ditentukan pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, yang artinya seperti masyarakat yang ekonominya lemah akibat Covid-19 ini dan masyarakat yang terkena penyakit sehingga perlu biaya untuk berobat. Kami berharap kondisi Covid-19 ini secepatnya kembali seperti semula dan berjalan normal supaya masyarakat tidak terganggu perekonomiannya,” ucapnya.
Dilain pihak, Staf Ahli Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Reza A Latif mengatakan pendamping kabupaten memastikan desa menyalurkan BLT-DD sesuai dengan Permendes. Saat ini sudah terealisasi 85 persen untuk penyaluran BLT-DD di Kabupaten Pesawaran dan berupaya akan menargetkan pada akhir bulan ini seluruh BLT-DD akan tersalurkan sepenuhnya di Kabupaten Pesawaran.
“Kami pendamping dari Kabupaten memastikan desa melakukan penyaluran sesuai aturan dengan peraturan dari menteri. Untuk Kabupaten Pesawaran saat ini yang sudah tersalurkan mencapai 85 persen dan perhari ini disalurkan BLT-DD untuk 120 desa di Kabupaten Pesawaran. Kami berupaya semoga bulan ini bisa tersalurkan seluruhnya di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (Soc)
BACA :  UPT Puskesmas Kota Dalam Akan Pantau Sekolah Saat KBM Tatap Muka