Desa Canti Tambah Jenis Usaha BUMDes

1445
ILUSTRASI

RAJABASA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Canti, Kecamatan Rajabasa mulai berkembang. Setelah mengisi BUMDes dengan usaha penyewaan alat musik dan sablon, Pemerintah Desa Canti menambah usahanya dengan mulai mengembangkan usaha industri rumahan.

Kepala Desa Canti Jahidin mengatakan, penambahan usaha BUMDes karena industri rumahan merupakan salah satu usaha yang bisa membawa pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. “BUMDes dengan jenis usaha industri rumahan seperti keripik dan lain-lain diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Jahidin kepada Radar Lamsel saat ditemui di Balai Desa Canti, Senin (19/12).

BACA :  Netralitas Kades Kunci Sukses Pilkada

Menurut Jahidin, jenis usaha lain yang dapat dikembangkan melalui BUMDes adalah usaha bisnis sosial melalui usaha air minum desa, usaha listrik desa, usaha bisnis penyewaan melalui usaha alat transportasi, toko milik BUMDes dan usaha bersama sebagai induk dari unit-unit usaha yang dikembangkan melalui pengembangan kapal desa dan desa wisata.

“Awalnya kami mempunyai rencana membuat air minum dengan memanfaatkan Way Biyah yang ada di Desa Canti, tapi itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, kami mengalihkan dana desa (DD) tahun 2017 dibidang kelautan seperti sewa perahu nelayan, salon dan pembayaran listrik,” katanya.

BACA :  Tiga Paslon Deklarasi Kampanye Damai!

Jahidin menambahkan, pihaknya sengaja mengadakan usaha pembayaran listrik pada BUMDes karena masyarakat selama ini selalu melakukan pembayaran listrik diluar maupun di minimarket. “Selama ini banyak masyarakat desa melakukan pembayaran di minimarket, itu yang akan kita coba manfaatkan. Kalau usaha pembayaran listrik itu sudah ada akan lebih baik bila masyarakat melakukan pembayaran didesa sendiri,” katanya. (rnd)