Desa Diinstruksikan Segera Susun RPJMDes

102

WAY PANJI – Pemeritah Kecamatan Waypanji menghimbau kepada seluruh pemerintah desa diwilayah itu, untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa (RPJMDes).

Selain itu, dalam penyusunan RPJMDes pemerintah desa diwilayah itu ditekankan untuk memasukan program strategis pembangunan, dalam bentuk perencanaan bertahap, sistematis dan bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Camat Waypanji Isro abdi, SE mengatakan, dalam penyusunan RPJMDes desa ditekankan untuk memasukan program strategis pembangunan bersinergi dengan program Pemkab Lamsel.

“ Kami menghimbau kepada pemerimntah tingkat desa untuk menyusun segera RPJMDes paling lambat sebllum akhir tahun,” kata Isro Abdi, saat kegiatan Rakor Tingkat Kecamatan dibalai Desa Balinuraga, Rabu (6/11).

Selain itu, kata Isro Abdi, pihaknya juga menekankan kepada seluruh desa dalam penyusunan RPJMDes harus bersinergi dengan program Pemkab Lamsel dan penysunan RPJMdes terlebih dahulu melalui proses ditingkat dusun.

“ Kami menghimbau kepada seluruh desa dalam penyusunan program pembangunan kedalam RPJMDes harus bersinergi dengan Program Pemkab Lamsel,” kata Isro Abdi.

Tujuannya sambung Isro Abdi, melalui tahapan dan mekanisme yang terencana dan terukur. Program pembangunan bisa berjalan secara optimal menyentuh kesemua plososk dusun.

“ Tujuannya, agar program pembangunan didesa secara utuh dapat menyeluruh menyentuh kesemua dusun-dusun,” kata Isro.

Dengan demikian katanya lagi, tidak terjadi tumpang tindih kebijakan disesebabkan karena salah dalam perencaan awal.

“ Jika terencana dan sistematis, diharapkan program pembangunan Pemkab Lamsel dan pemerintahan desa bisa berjalan bersama, karena tidak terbentur tumpang tindih kebijakan, sehingga pencapaian sebuah program bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Isro abdi.

Ia menjadwal, sebelum akhir bulan Desember tahun ini seluruh desa sudah menyerahkan RPJMDes ke Kecamatan Waypanji sebelum dilakukanya Musrenbangdes dan Musrenbangcam.

“ Kami intruksikan desa di Waypanji, sebelum melakukan Musrenbandes terlebih dahulu menyerahkan RPJMDes ke Kecamatan, paling lambat sebelum akhir November,” harapnya.

Sementara, Kades Balinuraga Made Swide, S.Sos mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat secepatnya akan melakukan Musdus guna penyusunan RPJMDes.

“ Secepatnya, sebelum musrenbangdes dimulai, kami akan melakukan musdus, guna menyerap perencaan pembangunan yang akan dituangkan kedalam RPJMDes,” pungkasnya. (CW2)